Perbedaan Pendidikan Karakter Dengan Pendidikan Akhlak, Pendidikan Moral, dan Pendidikan Etika

Tags

Perbedaan Pendidikan Karakter Pendidikan Akhlak, Pendidikan Moral, dan Pendidikan Etika

Secara filosofis, terminologi pendidikan karakter, pendidikan moral, pendidikan etika, dan pendidikan akhlak memiliki perbedaan. 

Pendidikan Karakter Pendidikan Akhlak, Pendidikan Moral, dan Pendidikan Etika.


Terminologi pendidikan moral (moral education) lebih cenderung pada penyampaian nilai-nilai yang benar dan yang salah dengan didasarkan pada adat dan kebiasaan suatu masyarakat secara umum. Terminologi tertua untuk pendidikan moral adalah sebagai ilmu yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan manusia. 

Namun, penerapan nilai-nilai dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan masyarakat tidak mendapat porsi yang memadai. Karena, sangat normatif dan kurang bersinggungan dengan ranah afektif dan psikomotorik siswa.  

Kemudian, pendidikan akhlak, sebagaimana dirumuskan oleh Ibn Miskawaih yang dikutip oleh Abudin Nata, merupakan upaya ke arah terwujudnya sikap batin yang mampu mendorong secara spontan lahirnya perbuatan-perbuatan yang bernilai baik dari seseorang.

Dalam pendidikan akhlak ini, kriteria benar dan salah untuk menilai perbuatan yang muncul merujuk kepada al-Qur’an dan Sunah sebagai sumber tertinggi ajaran Islam. Berbeda dengan pendidikan etika yang pengambilan nilai-nilainya bersumber dari olah akal pikiran para filosof. 

Namun demikian dalam implementasinya, pendidikan akhlak dan etika masih tetap cenderung pada pengajaran right and wrong seperti halnya pendidikan moral. 

Pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi daripada pendidikan moral karena bukan sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah. Lebih dari itu, pendidikan karakter menanamkan kebiasaan (habituation) tentang yang baik sehingga siswa menjadi paham, mampu merasakan, dan mau melakukan yang baik. 

Pembedaan ini karena moral dan karakter adalah dua hal yang berbeda. Moral adalah pengetahuan seseorang terhadap hal baik atau buruk, sedangkan karakter adalah tabiat seseorang yang langsung ditentukan oleh otak. 

Dari sudut pandang lain bisa dikatakan bahwa tawaran istilah pendidikan karakter datang sebagai bentuk kritik dan kekecewaan terhadap praktek pendidikan moral selama ini. Oleh karena itu, terminologi yang ramai dibicarakan sekarang ini adalah pendidikan karakter (character education) bukan pendidikan moral (moral education). Walaupun secara substansial, keduanya tidak memiliki perbedaan yang prinsipil.

Demikianlah Artikel yang berjudul Perbedaan Pendidikan Karakter Dengan Pendidikan Akhlak, Pendidikan Moral, dan Pendidikan Etika. Semoga dapat memberikan wawasan kepada kita semua.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon