Tujuan dan Fungsi Layanan Konseling Individual

Tujuan dan Fungsi Konseling Individu - Tujuan umum konseling individu adalah membantu klien menstrukturkan kembali masalahnya dan menyadari life style serta mengurangi penilaian negatif terhadap dirinya sendiri serta perasaan-perasaan inferioritasnya. Kemudian membantu dalam mengoreksi presepsinya terhadap lingkungan, agar klien bisa mengarahkan tingkah laku serta mengembangkan kembali minat sosialnya (Prayitno: 2005).

Tujuan, Fungsi Konseling Individu

Materi Terkait:

Pengetian Konseling Individual

Lebih lanjut prayitno mengemukakan tujuan khusus konseling individu dalam 5 hal, diantaranya:
  1. fungsi pemahaman, 
  2. fungsi pengentasan, 
  3. fungsi mengembangan atau pemeliharaan, 
  4. fungsi pencegahan, dan 
  5. fungsi advokasi. 
Menurut Gibson, Mitchell dan Basile (hibana: 20013) ada sembilan tujuan dari konseling perorangan, yakni :
  1. Tujuan perkembangan yakni klien dibantu dalam proses pertumbuhan dan perkembanganya serta mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi pada proses tersebut (seperti perkembangan kehidupan sosial, pribadi,emosional, kognitif, fisik, dan sebagainya). 
  2. Tujuan pencegahan, maksudnya adalah guru bimbingan dan konseling atau konselor membantu klien untuk menghindari hasil-hasil yang tidak diinginkan. 
  3. Tujuan perbaikan yakni konseli dibantu mengatasi dan menghilangkan perkembangan yang tidak diinginkan. 
  4. Tujuan penyelidikan yakni menguji kelayakan tujuan untuk memeriksa pilihan-pilihan, pengetesan keterampilan, dan mencoba aktivitas baru dan sebagainya. 
  5. Tujuan penguatan maksudnya konselor atau guru bimbingan dan konseling membantu konseli untuk menyadari apa yang dilakukan, difikirkan, dan dirasakn sudah baik.
  6. Tujuan kognitif yakni menghasilkan fondasi dasar pembelajaran dan keterampilan kognitif 
  7. Tujuan fisiologis yakni menghasilkan pemahaman dasar dan kebiasaan untuk hidup sehat. 
  8. Tujuan psikologis yakni membantu mengembangkan keterampilan sosial yang baik, belajar mengontrol emosi, dan mengembangkan konsep diri positif dan sebagainya. 
Demikianlah ulasan dari tujuan konseling dan fungsi layanan konseling. Semoga dapat menambah wawasan kita tentang konseling.

Baca juga:
Contoh Laporan Konseling Individu

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon