Tugas Perkembangan Peserta Didik di SMK

Tugas perkembangan adalah sekumpulan tugas yang harus diselesaikan peserta didik (siswa) pada periode fase perkembangan tertentu. Tugas perkembangan ini bersumber dari kematangan fisik, psikis, tuntutan masyarakat atau budaya dan nilai-nilai serta aspirasi diri sendiri.


Keberhasilan peserta didik menyelesaikan tugas perkembangan membuat mereka bahagia dan akan menjadi modal bagi penyelesaian tugas-tugas perkembangan fase berikutnya. 

 Tugas Perkembangan Peserta Didik di SMK

Sebaliknya, kegagalan peserta didik (siswa) menyelesaikan tugas perkembangan membuat mereka kecewa dan atau diremehkan orang lain. Kegagalan ini akan menyulitkan peserta didik dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangan fase berikutnya. 

Tugas perkembangan adalah salah satu aspek yang harus dipahami guru bimbingan dan konseling atau konselor disekolah karena pencapaian tugas perkembangan adalah sasaran layanan bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu bentuk fasilitasi peserta didik untuk mencapai tugas-tugas perkembangan. 

Tugas-tugas perkembangan peserta didik/konseli SMK adalah: 
  1. Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; 
  2. Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia; 
  3. Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi; 
  4. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat; 
  5. Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas; 
  6. Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita; 
  7. Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri untuk kehidupan yang lebih sehat; 
  8. Mempunyai kemandirian perilaku yang ekonomis; 
  9. Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni pada diri sendii
  10. Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya; dan 
  11. Mencapai kematangan dalam kesiapan diri untuk menikah dan hidup berkeluarga
Sumber: Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) 

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon