Contoh Makalah IBD: Manusia dan Kegelisahan

Tags

Bagaimana kabarnya kawan-kawan? Pastinya sehat selalu bukan! Pada Kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas tentang sebuah makalah mata kuliah IBD atau Ilmu Budaya dasar yang biasanya dijumpai pada awal-awal perkuliahan. Oke langsung saja, Makalah yang akan kita bahas berjudul tentang Manusia dan Kegelisahan. 

MAKALAH KELOMPOK
MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Untuk Memenuhi Persyaratan Mengikuti Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Dengan Dosen Pengampu Dra. Elis Setiawati, M. Pd


Disusun Oleh kelompok 6:

 1.Deni EkoSetiawan :13220020
2.Liyana Deka wati :13220041
3.Vita Kumala Sari :13220015

Prodi                           : Sejarah
Semester                     : 1I (Dua)

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMADIYAH METRO
TAHUN  AJARAN 

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat tuhan yang maha esa yang telah membeikan karunia dan rahmat-Nya sehingga kami dapat mengerjakan makala ini tepat pada waktu nya.  Pembahasan dalam makalah ini adalah “MANUSIA DAN KEGELISAHAN” Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dengan kesempurnaan dan masih banyak terdapat kesalahan, oleh karna itu izinkanlah kami untuk meminta bantuan kepada semua pihak agar memberikan keritik dan saran serta pendapat  agar makalah ini menjadi lebih baik dimasa yang akan mendatang.
Dan kami mohon maaf bila dalam penulisan makalah ini terdapat kata-kata dan bahasa yang kurang benar, dan penulis juga memohon dukungannya dari semua pihak agar rencana pembuatan makalah ini  dapat berjalan dengan lancar.  Atas selesainya makalah ini, kami mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada:
  1. Ibu.Dra.Elis Setiawati,M.Pd selaku pembimbing mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (IBD)
  2. Kedua orang tua yang telah memberi dorongan dan motivasi pada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini.
  3. Rekan-rekan mahasiswa/i yang telah memberi masukan, kritik serta saran untuk menyelesaikan makalah ini,
Akhir kata semoga dengan di susun makalah ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca.

Metro, ...............

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR 
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN                         
A. Latar Belakang  
B.Rumusan Masalah
C. Tujuan Penulisan

BAB II  PEMBAHASAN 
A. Pengertian Kegelisahan  
B. Sebab-Sebab Orang Gelisah 
C. Usaha-Usaha Mengatasi Kegelisahan 

BAB III PENUTUP 
A.Kesimpulan

DAFTAR PUSTAKA    

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Manusia terkadang pernah mengalami beberapa permasalahan yang dapat membuat seseorang mengalami kegelisahan. Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram hatinya atau cemas. Kegelisahan dapat diketahui melalui gejala tingkah laku atau gerak-gerik seseorang dalam situasi tertentu.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi gelisah. Salah satu nya perasaan tidak tenang. Timbulnya rasa gelisah didalam diri manusia dapat disebabkan karena ada rasa takut yang berlebihan karena takut kehilangan atas hak nya serta penyebab lain nya.

Dalam menghilangkan perasaan gelisah, ada beberapa cara yang perlu kita ketahui dalam mengatasi kegelisahan. Seperti dengan bersikap tenang. Apabila kita sudah mengetahui beberapa cara untuk mengatasi kegelisahan, maka perasaan gelisah dapat dihilangkan atau diatasi

B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang kami bahas sebagai berikut :
  1. Apakah pengertian kegelisahan?
  2. Apakah faktor penyebab terjadinya kegelisahan?
  3. Bagaimana cara mengatasi kegelisahan?

C. Tujuan

Tujuan antara lain:
  1. Untuk mengetahui pengertian kegelisahan
  2. Untuk mengetahui penyebab terjadinya kegelisahan
  3. Untuk mengetahui cara mengatasi kegelisahan.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berartihati yang tidak tentram, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tenteram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Manusia yang gelisah selalu dihantui rasa khawatir dan takut.

Kecemasan menurut Sigmund Freud membedakan menjadi tiga macam:
  1. kecemasan kenyataan/objektif:kecemasan yang ditimbulkan dari luar/lingkungan sekitar
  2. kecemasan neurotik/syaraf:timbul dari naluri (dalam)
  3. kecemasan moral
Kegelisahan dibagi menjadi kegelisahan negatif dan positif yang di artikan sebagai berikut :

1. Kegelisahan Negatif 

kegelisahan yang berlebih-lebihan, atau yang melewati batas, yaitu kegelisahan yang berhenti pada titik merasakan kelemahan, di mana orang yang mengalaminya sama sekali tidak bisa melakukan perbuatan positif untuk mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu kegelisahan dalam ‘menanti-nanti’ sesuatu yang tidak jelas atau tidak ada. 

2. Kegelisahan Positif 

Dasar kehidupan atau sebagai kesadaran yang dapat menjadi semangat dalam memecahkan banyak permasalahan, atau sebagai tanda peringatan, kehati-hatian terhadap bahaya atau hal yang datang secara tiba-tiba dan tak terduga. Ia juga merupakan kekuatan dalam menghadapi kondisi-kondisi baru dan dapat membantu dalam beradaptasi. Singkatnya, ia merupakan faktor penting yang dibutuhkan manusia. 

B. Sebab-sebab Orang Gelisah 

Gelisah terkadang membuat seseorang tidak nyaman. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan orang-orang menjadi gelisah. Diantaranya :

1. Panik

Panik adalah sebuah perasaan dari ketakutan dan kecemasan. Panik merupakan ketakutan dan kecemasan yang terjadi secara mendadak dari sebuah peristiwa yang terjadi. Rasa panik dapat menyebabkan seseorang menjadi gelisah.

contoh:mendapat kabar buruk yang belum pasti kebenaran nya

2. Kesulitan ekonomi

Kesulitan ekonomi merupakan kesulitan yang dialami ketika seseorang merasakan kondisi sulit dalam kehidupan ekonomi. Seperti hal nya tidak mempunyai uang atau kelangkaan dalam suatu barang pemuas kebutuhan. Dengan adanya kesulitan ekonomi, ada beberapa orang yang merasa terdesak dan gelisah untuk berfikir bagaimana cara untuk menyelesaikan kesulitan ekonomi tersebut.

3. Persiapan yang tidak matang

Segala sesuatu kegiatan yang dilakukan, harus dengan persiapan yang matang. Apabila kita akan melakukan sesuatu tetapi belum ada persiapan yang matang, maka dapat terjadi kegelisahan. Contoh nya seperti dalam menghadapi ujian, tetapi belum ada persiapan yang matang dalam menjalani ujian tersebut, maka kemungkinan perasaan gelisah akan timbul.

4. Keterasingan

Keterasingan berasal dari kata terasing, kata ini berasal dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal orang. Sehingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain atau terpencil. Sebentar atau lama orang pernah mengalami hidup dalam keterasingan, sudah tentu dengan sebab dan kadar yang berbeda satu sama lain.

5. Kesepian

Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi, tidak berteman. Lama rasa sepi itu bergantung kepada mental orang dan penyebabnya. Kesepian itu akibat dari keterasingan. Keterasingan dapat disebabkan sikap buruk seperti sombong, angkuh, keras kepala, yang membuat manusia diasingkan oleh kehidupan sosialnya.

6. Ketidakpastian

Ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tanpa arah yang jelas atau tanpa usul-usul yang jelas. Contoh: naik tidak nya jabatan di suatu pekerjaan

C. Usaha-usaha Mengatasi Kegelisahan

Ada beberapa usaha–usaha yang perlu kita ketahui untuk mengatasi kegelisahan, diantara nya :

1. Bersikap tenang

Tenang merupakan sikap mengontrol perasaan menjadi rileks. Pada saat seseorang merasa gelisah, sikap tenang dapat membantu menghilangkan atau mengurangi kegelisahan.

2. Intropeksi diri 

Intropeksi diri sangat diperlukan untuk membantu menghilangkan perasaan gelisah. Dengan adanya intropeksi diri seseorang akan mulai berfikir apa penyebab kegelisahan nya dan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan nya tanpa harus
merasa gelisah.

3. Bercerita kepada seseorang

Dengan bercerita kepada seseorang, permasalahan yang sedang dialami dapat mendapatkankan pendapat ataupun saran. Jadi kemungkinan kegelisahan tidak akan bertambah dengan adanya pendapat atau saran yang diterima.

BAB III

PENUTUP 

3.1 Kesimpulan

Dari uraian pembahasan mengenai MANUSIA dan KEGELISAHAN yang telah kami jelaskan, maka kami dapat menyimpulkan bahwa kegelisahan merupakan bagian hidup manusia. Tiap manusia, dengan tidak memperdulikan  segala latar belakang dan kemampuannya, pasti akan mengalami kegelisahan, entah sebentar atau lama, relative ringan ataupun berat. Yang demikian ini boleh jadi sangat wajar mengingat manusia mempunyai hati dan perasaan.

Sumber dari kegelisahan adalah hawa nafsu dan sikap pamrih (tidak ikhlas). Kedua hal ini akan menyebabkan munculnya sikap keserakahan dan konflik yang juga memunculkan ketakutan, kekecewaan, dan pada akhirnya adalah kegelisahan.

Adapun bentuk-bentuk kegelisahan berupa keterasingan, kesepian, dan ketidakpastian mempunyai hubungan yang erat dan mempengaruhi satu sama lain. Keterasingan dalam satu dan lain kesempatan bisa membuahkan kegelisahan. Dan sebaliknya, kegelisahan yang begitu hebat bisa saja menimbulkan keterasingan. Kemudian dari keterasingan yang dialami seseorang  bisa saja menciptakan kondisi kesepian dan karena kesepian itupun bisa saja menimbulkan ketidakpastian. Keterasingan bisa jadi merupakan  perilaku sosiopatik dan sikap apatis yang tidak menyadari bahwa manusia adalah makhluk yang bermasyarakat dan tidak bisa hidup sendiri. Untuk mengatasi kegelisahan yang dialami manusia, cara yang paling ampuh adalah kita dituntut untuk berpikir positif, kembalikan semuanya kepada Allah SWT dan selalu mengingat nya.

DAFTAR PUSTAKA 

http://mi.scribd.com/doc/3039466/Manusaia-Kegelisahan-Dan-Harapan
http://ilovemygoogle.wordpress.com/2012/06/13/tugas-softskill-ilmu-budaya-dasar
Pustaka setia,Buku IBD (Ilmu Budaya Dasar).Drs.H.Ahmad Mustofa


Demikianlah ulasan dari makalah IBD yang berjudul Manusia dan Kegelisahan. Semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar kalian jika ada yang kurang jelas. Dapatkan juga artikel menarik lainnya di daftar isi.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon