Contoh Laporan Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok

Layanan konseling kelompok adalah salah satu layanan dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang juga memanfaatkan dinamika yang ada pada kelompok. Setelah kita melaksanakan layanan ini alangkah baiknya untuk sesegera mungkin untuk membuat laporannya. 

Dalam membuat laporan tentunya kita juga sudah membuat rencana pelaksanaan layanan konseling kelompok. Simak ulasannya berikut ini tentang contoh laporan konseling kelompok yang dimulai dengan contoh RPL layanan konseling kelompok terlebih dahulu.

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN 

KONSELING KELOMPOK  

Laporan Konseling Kelompok

A. Topik Permasalahan : Mengantuk saat jam pelaran
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Konseling Kelompok
D. Fungsi Layanan : Pengentasan
E. Tujuan Layanan / Hasil yang ingin dicapai :
  a. Siswa dapat mengungkapkan perasaan yang dirasakan
  b. Siswa dapat mengambil saat jem pelajaran untuk tidak tidur
F. Sasaran Layanan : Siswa Kelas X TO 3
G. Hari / Tanggal : rabu / 2 september 2015
H. Uraian Kegiatan :  

Langkah 1
Persiapan  : Pembentukan kelompok

Langkah 2
Kegiatan Layanan 
A. Pendahuluan 
  1. Guru memberi salam ucapan terimakasih 
  2. Berdoa 
  3. Perkenalan dengan siswa 
  4. Menjelaskan tentang konseling kelompok, tujuan, dan asas konseling kelompok. 
  5. Apersepsi  
Langkah 3 
B. Kegiatan Inti
  1. Konselor memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan permasalahan yang sedang dialami
  2. Konselor menganalisis permasalahan siswa untuk segera ditangani dalam konseling kelompok 
  3. Setelah menentukan siswa yang  akan ditangani, konselor memberi 
  4. kesempatan kembali kepada siswa tersebut untuk mengutarakan kembali permasalahnnya 
  5. Konselor memberi kesempatan kepada siswa yang lain untuk memerikan saran/solusi kepada siswa yang tersebut 
  6. Konselor meminta tanggapan dari siswa tersebut mengenai saran/solusi dari teman-temannya. 
  7. Konselor menanyakan kembali kepada siswa tersebut dalam  penggalian informasi dan memberi penguatan dalam pengambilan keputusan siswa 
Langkah 4
C. Penutup  
  1. Konselor mengutarakan bahwa kegiatan konseling kelompok akan segera berakhir 
  2. Konselor meminta saran/pesan mengenai konseling kelompok 
  3. Konselor memberi kesimpulan 
  4. Salam Penutup 
I. Materi    : - 
J. Tempat penyelenggaraan : Diruang kelas  
K. Waktu Pelaksanaan : 2 X 45 Menit  
L. Penyelenggara   : Guru Pembimbing  
M. Pihak yang diikutsertakan  : Guru pamong 
N. Alat dan Perlengkapan: - 
O. Sumber   : -  
P. Rencana Penilainan :
  1. Laiseg     : Siswa mampu berkomunikasi dalam kelompok
  2. laijapen   : Siswa Dapat Mengambil Keputusan untuk tidak mengantuk saat jam pelajaran 

Catatan Khusus   : - 


Metro, ...............................
Mengetahui          
Guru pamong Mahasiswa PPL


Bagus wibowo, S.Pd Irvan Hermawanto

NIP:   NPM: 12130005

Baca Lagi:

Contoh Laporan Konseling Individu




Layanan : Konseling Kelompok 
Hari/Tgl : rabu/  
Kelas : X TO 3 
Jumlah : 9 orang  
Calon Konselor: Irvan hermawanto
Nama Anggota   

1. Aditya rahman eka saputra 
2. Faqih habib lutfhi 
3. Afifu rizal  
4. Rama pangestu 
5. Irvan affandi 
6. M. Jalung bagas ummara 
7. Ahmad haries darmawan 
8. Angga setiawan 
9. ahmad haries 

A. Pelaksanaan konseling kelompok 

1. Respon Siswa  

Dalam kegiatan konseling kelompok, para siswa nampaknya sangat memanfaatkan kegiatan ini untuk menyelesaikan sebuah masalah, sehingga siswa/siswa tidak sungkan untuk mengungkapkan permasalahan yang sedang dialami. Respon siswa dalam menanggapi pertanyaan dari konselorpun cukup baik, seperti saat konselor menanyakan permasalahan yang sedang dialami, siswa menjawab dengan terbuka permasalahannya. Tetapi ada juga siswa yang kurang aktif dalam kegiatan konseling masih karna masih ada siswa yang yang bercanda sendiri. 

2. Keaktifan siswa 

Keaktifan siswa dalam kegiatan konseling kelompok seperti saat menjabarkan permasalahnya kemudian saat memberi saran/solusi kepada siswa yang dengan permasalahnnya menjadi bahasan dalam konsleing kelompok ini. 

3. Perubahan siswa 

Perubahan yang dialami oleh siswa seperti nampak pada raut wajah siswa/i , terlihat wajah yang cerah penuh dengan keputusan yang mantap dalam menghadapi permasalahan. 

4. Tahap-tahap dan teknik yang digunakan  

Teknik yang digunakan yaitu teknik home rome, yakni dengan membawa suasana rumah kedalam proses konseling sehingga siswa tidak merasa sungkan untuk bergerak. 


Kons : assalamualaikum wr. Wb. 
Klien : wa’alaikumsalam wr. Wb.  

Ko : selamat pagi anak anak ku tercinta, bapak ucapkan terimakasih kepada adek adek sekalian , pada kesempatan kali ini kita akan melakukan kegitan konseling kelompok, sebelumnya marilah kita berdoa terlebih dahulu. Berdoa mulai ..... selesai 
Ko: mmmm,diantara kalian yang udah ada yang pernah melakukan konseling kelompok ? 
Haris, haris,  : saya pak 

Ko: siapa yang belum ? 
Klien : saya pak. 

Ko : oke , jadi konseling kelompok itu adalah proses bantuan oleh konselor dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk memecahkan suatu permasalah dalam kelompok. Contohnya, Jadi nanti anak anak akan mengungkapkan masalahnya masing masing dan setelah kita identifikasi ternyata masalah haries yang berat dan harus diselesaikan maka nanti bapak sebagai konselor/ ketua kelompok akan memberikan kesempatan kepada temen-temen yang lain untuk memberikan solusi kepada haris, nah seperti itu, paham : ? 
Klien : paham pak 

Ko: oke, sebelum kita melakukan konseling kelompok, alangkah baiknya kita perkenalan untuk lebih kenal lagi, Jadi nanti ketika menyebutkan nama yang lain harus menjawab hay dan namanya, contoh nama bapak irvan hermawanto, nah jawabnya hay bapak irvan,  Nah silahkan dari sebelah kanan terlebih dahulu. 
Aditya : nama saya aditya rahman eka saputra 
Klien : hay aditya 
Faqih : nama saya faqih habib lutfhi 
Klien : hay faqih 
Rizal : nama saya afifu rizal 
Klien : hay rizal 
Rama : nama saya rama pengestu 
Klien : hay rama 
Irvan : nama saya rama affandi 
Klien : hay irvan 
Bagas : nama saya M. Jalung bagas ummara 
Klien : hay bagas 
Haries : nama saya ahmad haries darmawan 
Klien : hay haries 
Angga : nama saya angga setiawan 
Klien : hay angga 

Ko : sudah semua perkenalannya 
Klien : sudah pak 

Ko:  oke , sekarang kita akan melakukan ice breaking, jadi gini, nanti ketika bapak bilang kanan kalian harus menoleh kekiri dan menyebut kanan. 
Klien : oke pak 

Ko : oke mulai , kanan 
Klien : kanan , dengan menoleh ke kiri tapi ada juga yang menoleh ke kanan 

Ko : nah belum konsentrasi kan 
Klien : iya pak 

Ko : oke , kita coba lagi, 
Klien : iya pak 

Ko : kiri  
Klien : kiri menoleh kekanan ( masih juga ada yang menoleh ke kiri ) 

Ko: kanan 
Klien : kanan menoleh ke kiri 

Ko: kiri 
Klien: kiri meoleh ke kanan ( ada juga yang masih menoleh ke kiri) 

Ko : nah masih belum konsentrasi ya.. 
Klien : iya nih pak 

Ko : okelah , sudah ya.. harus konsen ya 
Klien : iya pak 

Ko : mmm sekarang bapak akan menjeleskan tentang azas-azas dalam konseling kelompok, yang pertama yakni kerahasian, yakni maslah yang kita bahas bersifat rahasia tidak boleh menceritakan kepada orang lain, kemudian kesukarelaan, dan kegiatan 
Klien : ooooo jadi yang kita bahas ini rahasia ya pak  

Ko : iya betul sekiali, nah untuk lebih mantap lagi kita sumpah konseling kelompok dulu ya 
Klien: iya pak  

Ko: ikuti perkataan saya ya : saya bersumpah akan menjaga kerahasiaaan, apapun yang akan diceritakaan teman2 saya disni tifak akan saya bahas diluar tempat ini kapanpun dimana pun akan tetap terjaga kerahasiaannya.. selesai 
Klien : bersama-sama “saya bersumpah akan menjaga kerahasiaaan, apapun yang akan diceritakaan teman2 saya disni tifak akan saya bahas diluar tempat ini kapanpun dimana pun akan tetap terjaga kerahasiaannya.. selesai 

Ko : sebelumnya ada yang ingin ditanyakan dengan konseling kelompok tidak? Klien :tidak pak , kami sudah paham  
Ko: oke bagus Jadi bisa kita mulai . sekarang mulai dari kanan dulu , ayo dit  
Aditya ; jadi gini pak, saya ini gak bisa mengontrol keuangan saya pak.  


Ko: selanjutnya , faqih 
Faqih : saya ini sering ngantuk pak kalo dikelas, jadi saya kurang paham 
pelajaran 
Rizal : saya kangen pak sama orang tua, karna jauh trus saya jugga kurang bisa mengontrol uang pak 
Rama : saya pak, saya ini sering angen sama adek kecil saya pak, karna sekarang saya tinggal dengan mbah saya pak di metro 
Irvan : saya pak , gini pak saya ini belum mendapatkan baju, nah baju yang ini sobek sobek gini pak 
Bagas: gini pak, saya ini capek pak harus pulang sore hari terus tiap hari, jadi gak ada waktu untuk bermain 
Angga: saya juga pak , saya capek pak pulang sore terus gini pak .  

Ko: oke semua sudah mengungapkan permasalahannya masing maing , sekarang kita lihat masalah siapa nih yang akan kita bantu untuk diselesaikan 
Klien : faqiih pak Ko: iya faqih , ayo faqih ceritakan kembali masalahmu 
Faqih : jadi gini pak , saya ini sering ngantuk dikelas, apa lagi yang gurunya membosankan , gak tegang , yang gak seru, saya merasakankebosanan pak 

Ko:  faqih tadi sudah menceritakn kembali maslahnya . silahkan kepada temanteman yang lain untuk memberikan solusi kepada faqih. Dari adit dulu 
Adit: qih , baiknya kamu duduk didepan agar kamu ini gak ngantuk 
Rizal : kamu cuci muka dulu aja kalo gitu  
Rama: kamu duduknya didepan saja 
Irvan : kalo tidur jangan malam malam, jangan begadag 
Bagas : baiknya kamu duduk didepan 
Haries:  kamu ini cuci muka , kalo ngantuk jangan tidur dikelas 
Angga: minum kopi qih 

Ko : Nah semuanya sudah mengungkapkan solusinya sekarang gimana nih respon faqih ? 
Faqih : iya pak , saya akan mencoba merubah tempat duduk, kemudian akan cuci muka kalo mengantuk agar gak ngantuk terus 

Ko : iya bagus , apa kamu ini tidurnya malam malam to ? 
Faqih: enggak pak , karna saya ini merasa bosan dikelas, jika gurunya membosankan maka saya merasa ngantuk 
Ko : nah bila begitu faqih harus bisa menjaga kondisi suasana, maksutnya buat semua guru itu baik, semua pelajaran ini seru, maka faqih tidak akan merasa 
ngantuk 
Faqih : ohhhbegitu ya pak ,ya pak akan saya coba 

Ko :oke lah faqih bagus,  
Faqih : iya pak  

Ko : nah karena waktunya sudah mau habis maka sekarang bapak ingi kalian mengungkapkan kesan/pesan terhadap kegiatan konseling kelompok ini: 
Adit:  bagus pak, dapat mengungkapkan unek-unek 
Rizal : seru pak , bisa bantuin temen menyelesaikan masalah 
Rama : bagus pak , bisa memecahkan maslah bersama sama  
Irvan : asik pak , karna dapat memecahkan maslah bersama sama  
Haries: basgus pak , bisa menyelesaikan masalah bersama 
Angga: gembira pak , kita dapat berbagi masalah dan dapat menyelesaikannya bersama. 

Ko : nah untuk kegiatan selanjutnya bisa kita lakukan konseling kelompok lagi di lain waktu? 
Klien : oh iya pak , bisa banget pak, kami sangat senang bila akan konseling kelompok lagi 

Ko : oke kita akan bahas lagi jadwalnya nanti, karna waktunya sudah habis bapak akhiri wassalamualaikum wr wb 
Klien: iyaaa pak , nanti kita bahas lagi 

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Demikianlah contoh pembuatan Laporan Layanan Konseling Kelompok. Jika ada yang kuran jelas, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar kamu pada kolom di bawah ini. Mari kita berdisukusi bersama ...


Salam sukses!!!

Artikel Terkait

2 Comments

laporanya sperti RPP nih, strukturnya cukup mirip

iya pak, RPP for subject teachers.
kalo RPL for konselor atau guru bk.

intinya tetep sama dalam kegiatan di sekolah.

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon