PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan
Mengembangkan penguasaan ilmu teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas
Topik Bahasan : Mengenal macam-macam Perguruan Tinggi
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : 1. Macam-macam jenis Perguruan Tinggi Negeri
2. Macam-macam jenis Perguruan Tinggi Swasta
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas.
Kelas/Semester : XI
Topik Bahasan : Mengenal macam-macam Fakultas/jurusan di Perguruan Tinggi
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : 1. Macam-macam fakultas/jurusan di Perguruan Tinggi
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Angket
No Pernyataan Jawaban
Sangat Paham Paham Tidak Paham
1.
2.
3
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10
11
Macam-macam Fakultas/jurusan teknik
Macam-macam Fakultas/jurusan pertanian
Macam-macam Fakultas/Jurusan Peternakan
Macam-macam Fakultas/jurusan Perikanan
Macam-macam Fakultas/jurusan Kedokteran
Macam-macam Fakultas/Jurusan Ekonomi
Macam-macam Fakultas/jurusan Ilmu Alam
Macam-macam Fakultas/Jurusan Ilmu Sosial
Macam-macam Fakultas/jurusan Bahasa dan Sastra
Macam-macam Fakultas/jurusan Informatika
Macam-macam Fakultas/Jurusan Farmasi
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 4 : Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dan kehidupan masyarakat yang lebih luas
Kelas/Semester : XII
Topik Bahasan : Memanfaatkan Teknologi
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : Teknologi Informasi
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
No Pernyataan Jawaban
Sangat Paham Paham Tidak Paham
1.
2.
3
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10
Penggunaan Radio dan TU
Penggunaan Telepone
Penggunaan Handphone
Penggunaan HT (Handy Talky)
Penggunaan OHP (Overhead Projector)
Penggunaan LCD (Lycuid Crystal Dissplay)
Penggunaan Computer
Penggunaan Informasi dari Internet
Penggunaan Parabola
Penggunaan Satelit
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5:
(Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : X/1,2
Tahun : 2015/2016
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih Jurusan di SMA yang sesuai dengan bakat dan minat.
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih jurusan di SMA yang sesuai dengan bakat dan minat
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal :
a. Menyiapkan siswa untuk memasukinproses pemberian layanan.
b. Penjelasan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan.
c. Pengisian tentang penjajakan angket penjurusan.
2. Materi : a. Syarat-syarat akademis program IPA
b. Syarat-syarat akademis program IPS
c. Syarat-syarat akademis program BHS
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Siswa X
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Kurikulum, Papab Tulis, Spidol, Kertas.
K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen,Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan individu
b. Bimbingan kelompok
c. Pengisian Angket Penjurusan
M. Catatan Khusus : Mempertimbangkan Prestasi Akademik
…….., ……………...2017
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XI/1,2
Tahun : 2015/2016
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih Kegiatan Ekstra Kurikuler
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih kegiatan ekstrakurikuler yang tepat
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal :
a. Menyiapkan siswa untuk memasuki proses pemberian layanan.
b. Pemberian layanan informasi tentang berbagai kegiatan ekstrakurikuler
c. Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan ekstrakurikuler.
2. Materi : -Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler
-Ekstrakurikuler yang mendukung karir
- Kiat-kiat mencapai prestasi di bidang ekstrakurikuler
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Bagiankesiswaan,Koordinator Ekstrakurikuler
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Angket
K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling kelompok
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2017
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XII/1,2
Tahun : 2015/2016
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Orientasi, Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih Jurusan di Perguruan Tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal :
a. Menyiapkan siswa untuk memasuki proses pemberian layanan.
b. Pemberian layanan informasi tentang berbagai jurusan yang ada di Perguruan Tinggi
c. Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan Jurusan/Perguruan Tinggi.
2. Materi : a. Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.
b. Penjenjangan Perguruan Tinggi
c. Pengelompokan program studi menurut jenjangnya.
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : PT/PTS
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Brosur
K .Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling individu
M. Catatan Khusus : Mengundang Narasumber dari PTN/PTS
…….., ……………...2017
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XII/1,2
Tahun : 2015/2016
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih Pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Orientasi, Informasi
D. Fungsi Layanan : Penyaluran
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian : Klasikal :
a. Menyiapkan siswa untuk memasuki proses pemberian layanan.
b. Pemberian layanan informasi tentang berbagai jenis lapangan kerja
c. Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan pekerjaan.
2. Materi : a. Macam-macam profesi.
b. Macam-macam lapangan pekerjaan
c. Mengikuti pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan bakat dan minat.
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : Disnaker, BLK
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Brosur,Angket
K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
b. Konseling individu
c. Mengikuti pelatihan
M. Catatan Khusus : Presentasi dari seorang tokoh yang sukses
…….., ……………...2017
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 5 : Mencapai kematang dalam pilihan karir
Kelas/Semester : X, XI, /1,2
Topik Bahasan : Memilih kegiatan ekstrakurikuler
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi, Orientasi
Isi Materi :
1. Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler
2. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung karir
3. Kiat-kiat mencapai prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler
Penilaian -Laiseg
-Laijapen
-Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
No Pernyataan Jawaban
Ya Tidak
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Memahami jenis dan macam kegiatan ekstrakurikuler
Mengikuti beberapa jenis kegiatan ekskul
Mengikuti ekskul olah raga
Mengikuti ekskul bahasa asing
Mengikuti ekskul komputer
Mengikuti ekskul musik
Mengikuti ekskul vocal group
Mengikuti ekskul keterampilan menjahit
Kegiatan ekstrakurikuler bisa mendukung kegiatan karir
Melaksanakan ekstra dengan tekun
Mendapat dukungan dari orang tua untuk mengikuti ekskul
Kesulitan memilih kegiatan ekskul
Ada kesesusian kegiatan ekstra dengan pilihan karir
Mengembangkan ekskul untuk mengembangkan prestasi
Pilihan karir relevan dengan kegiatan ekskul
PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK
Tugas Perkembangan 5 : Mencapai kematangan dalam pilihan karir
Kelas/Semester : XII/1
Topik Bahasan : Memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang tepat
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi, Orientasi
Isi Materi : 1. Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia
2. Penjenjangan Perguruan Tinggi
3. Pengelompokan Program Studi
Penilaian -Laiseg
-Laijapen
-Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
No Pernyataan Jawaban
Ya Tidak
1.
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14 Melanjutkan studi di perguruan tinggi
Prioritas pertama melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri
Prioritas kedua melanjutkan studi di perguruan tinggi swasta
Mengetahui system regionalisasi PTN di Indonesia
Melanjutkan studi pada program kependidikan
Melanjutkan studi pada program non kependidikan
Mengetahui sistem penjenjangan di PT
Mengetahui jenjang pendidikan S1, S2, S3
Mengetahui jenjang pendidikan diploma 3
Mengetahui jenjang pendidikan gelar non gelar
Mengetahui program pendidikan profesi
Mengetahui program pendidikan ikatan dinas
Memilih jurusan IPA sesusai dengan prestasi akademik
Memilih jurusan IPS sesusai dengan prestasi akademik
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Perkembangan 6
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi.)
Sekolah : SMA
Kelas/Semester : X/1,2
Tahun : 2015/2016
A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Belajar mengambil keputusan secara mandiri dalam bidang ekonomi.
B. Bidang Bimbingan : Pribadi
C. Jenis Layanan : Informasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu mengelola keuangan secara mandiri
F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian :
- Secara Klasikal : siswa merespon penjelasan Guru Pembimbing tentang cara mengelola keuangan secara efektif.
- Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang cara mengelola keuangan secara efektif.
- pengisian Format Penilaian tentang kemampuan mengelola keuangan secara efektif.
2. Materi : 1.Cara-cara/kiat menggunakan uang secara efektif.
2. Tips belanja hemat
G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : -
J. Alat dan Perlengkapan : OHP,Papan Tulis, Spidol, sumber yang relevan..
K. Rencana Penilaian : Penilaian Proses
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Konseling Individual
b. Konseling Kelompok
M. Catatan Khusus :
…….., ……………...2017
Kepala Sekolah Guru Pembimbing
…………………….. ……………………….
NIP NIP
Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁
EmoticonEmoticon