Contoh Satuan Layanan dan Penilaian Keberhasilan Layanan Bimbingan dan Konseling Part 4

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


Tugas Perkembangan 6:
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi)


Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XI/1,2
Tahun : 2015/2016

A. Bahasan/Topik Permasalahan : Berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari

B. Bidang Bimbingan : Pribadi

C. Jenis Layanan : Informasi

D. Fungsi Layanan : Pemahaman

E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari

F. Uraian Kegiatan
     1.  Strategi Penyajian :
a. Secara Klasikal : siswa merespon penjelasan Guru Pembimbing tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
b.Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
c.Pengisian Format Penilaian tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
   2. Materi : 1. Cara-cara berpikir positif
  2. Manfaat beprikir positif  bagi kesehatan fisik dan mental.

G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas

H. Alokasi Waktu : 1x 45 menit

I. Pihak yang disertakan/Peran :  -

J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Angket

K. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Laijapang

L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
 b. Konseling kelompok
          c. Konseling individual
M. Catatan Khusus :

                                   …….., ……………...2017
Kepala Sekolah                 Guru Pembimbing



……………………..                   ……………………….
NIP                                         NIP


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 6:
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi)

Sekolah : SMA

Kelas/Semester : XII/1,2

Tahun : 2015/2016

A. Bahasan/ Topik Permasalahan : Memilih teman dekat sebagai persiapan untuk memasuki kehidupan keluarga.

B. Bidang Bimbingan : Pribadi

C. Jenis Layanan : Informasi

D. Fungsi Layanan : Pemahaman

E. Kompetensi yang ingin dicapai : Siswa mampu memilih teman dekat sebagai persiapan memasuki kehidupan berkeluarga

F. Uraian Kegiatan
1. Strategi Penyajian :
a. Secara Klasikal : siswa merespon penjelasan Guru Pembimbing tentang Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
b. Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang Cara-cara bergauldengan lawan jenis
c. Pengisian Format Penilaian tentang Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
  2. Materi : Cara-cara bergaul dengan lawan jenis.

G. Tempat Penyelenggaraan : Ruang kelas
H. Alokasi Waktu : 1x 45 menit
I. Pihak yang disertakan/Peran : -
J. Alat dan Perlengkapan : OHP, Papan Tulis, Angket,buku yang relevan.
K. Rencana Penilaian : Penilaian Proses
L. Rencana Tindak Lanjut : a. Bimbingan kelompok
                  b. Konseling individual
                  c.  Konseling kelompok
M. Catatan Khusus :

                                  …….., ……………...2017
Kepala Sekolah                 Guru Pembimbing



……………………..                            ……………………….
NIP                                    NIP


PENILAIAN KEBERHASILAN 
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi

Kelas/Semester : XI/1,2

Topik Bahasan : Berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari

Bidang Bimbingan : Pribadi

Jenis Layanan : Informasi, Orientasi

Isi Materi : 1. Cara-cara berpikir positif
 2. Manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental

Penilaian -Laiseg
-Laijapen
-Laijapang

Instrumen Penilaian : Skala Sikap Likert

----------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk Mengerjakan Skala Sikap

Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda
Keterangan :
SS : Sangat Setuju
S : Setuju
TPP : Tidak Punya Pendapat
TS : Tidak setuju
STS : Sangat Tidak Setuju

No. Pernyataan Jawaban
SS S TPP TS STS
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15

Orang yang berpikiran positif selalu bangun pagi dengan perasaan senang.
Selalu melaksanakan aktivitas pagi dengan perasaan tenang
Selalu mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan tidak mengeluh
Menyapa orang lebih dulu bila berpapasan
Tersenyum jika bertemu orang yang telah dikenal.
Menampakkan raut wajah yang tenang pada setiap situasi.
Selalu menghargai kelebihan orang lain
Tidak menyalahkan orang lain bila menemui kegagalan.
Mudah melakukan komunikasi dengan siapapun.
Ketika berkomunikasi dengan orang lain tidak memiliki perasaan negatif.
Tidak membicarakan kelemahan orang lain
Di dalam pergaulan tidak membeda-bedakan teman/orang.
Mudah memberikan pertolongan kepada orang yang memerlukannya.
Berempati pada penderitaan orang lain
Dapat mengendalikan emosi

Skoring :
1. SS diberi skor 5
2. S   diberi skor 4
3. TPP diberi skor 3
4. TS diberi skor 2
5. STS diberi skor 1

Interprestasi Skor :
Skor maksimal : 75
Median : 36
Skor minimal : 5
Kelas Interval : 75 – 5 = 60 : 3 = 20

1. Diatas rata-rata 56- 75  :Anda telah memiliki pola pikir yang positif dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini dapat menunjang kesehatan fisik dan mental sehingga kepribadian anda akan berkembang optimal.
2. Rata-rata  36 - 55 : Anda perlu mengembangkan pola pikir yang positif untuk mengembangkan kepribadian.
3. Dibawah rata-rata 15 - 35 : Anda harus belajar dan berlatih berpikir positif agar mencapai kematangan emosional.




PENILAIAN KEBERHASILAN 
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
                                                 secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi
Kelas/Semester : XII/1,2
Topik Bahasan : Memilih teman dekat sebagai persiapan memasuki kehidupan Berpikir secara
                                         positif dalam kehidupan sehari-hari
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket

------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk mengerjakan Angket

Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda

No. Pernyataan Jawaban
Ya Tidak
1
2
3
4
5
Apakah anda sudah mempunyai teman dekat ?
Apakah anda merasa cocok dengan teman dekat anda saat ini ?
Apakah anda memperoleh manfaat yang positif dari hubungan ini ?
Apakah anda dan teman dekat anda sudah merencanakan untuk berkeluarga ?
Apakah anda sudah mempersiapkan diri secara psikologis untuk memasuki kehidupan berkeluarga ?

Skoring :
Ya = 1
Tidak = 2

Interpretasi :
 Skor 5 :Secara emosional anda sudah matang untuk memasuki   kehidupan berkeluarga.

Skor di bawah 4 : anda belum matang secara emosional untuk memasuki kehidupan berkeluarga.



PENILAIAN KEBERHASILAN 
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi

Kelas/Semester : X/1,2
Topik Bahasan : belajar mengambil keputusan secara mandiri dalam bidang ekonomi
Bidang Bimbingan : Pribadi
Jenis Layanan : Informasi
Isi Materi : 1. Cara-cara/kiat menggunakan uang secara efektif.
2.  Tips belanja hemat
Penilaian - Laiseg
- Laijapen
- Laijapang
Instrumen Penilaian : Angket
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk mengerjakan Angket

Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda

No. Pernyataan Jawaban
Ya Tidak
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Apakah anda diberi uang saku secara khusus oleh orang tua ?
Apakah uang yang diberikan oleh orang tua anda cukup untuk memenuhi keperluan anda ?
Dapatkah anda mengatur keuangan dengan baik ?
Apakah anda bisa menyisihkan uang saku yang diberikan orang tua anda ?
Bila uang saku anda bersisa, apakah anda tabung ?
Apakah anda sering pergi berbelanja ?
Apakah anda membeli barang-barang sesuai dengan kebutuhan anda ?
Jika ada jenis barang yang menarik perhatianmu, padahal anda tidak membutuhkannya, apakah anda akan membelinya ?
Jika anda pergi ke swalayan atau toko, apakah anda sering membeli jenis makanan ringan/cemilan ?
Apakah anda membeli baju setiap bulan ?


Skoring :
Ya : 1
Tidak : 0

Interpretasi :
Skor maksimal : 10
Skor rata-rata :   5

1. Skor di atas rata-rata : Anda sudah dapat mengelola keuangan secara  efektif.
2. Skor rata-rata : Anda perlu meningkatkan kemampuan anda dalam mengelola keuangan
3. Skor di bawah rata-rata : Anda perlu belajar cara mengelola keuangan  secara efektif.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon