Kegiatan Pendukung Dalam Bimbingan Dan Konseling

KEGIATAN PENDUKUNG DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja yang menjadi kegiatan pendukung dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini:

Kegiatan Pendukung Bimbingan Dan Konseling


BACA JUGA:
Peran Guru Mata Pelajaran Dalam Bimbingan Dan Konseling
Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling

Menurut Prayitno dan Erman Amti (2004:315) menyebutkan kegiatan pendukung yaitu:
  1. Aplikasi instrumentasi konseling, kegiatan pendukung layanan konseling untuk mengumpulkan data dan keterangan tentang klien, keterangan tentang lingkungan yang lebih luas, pengumpulan data ini dapat dilakukan dengan berbagai instrumen baik dengan tes maupun non tes. Dikenal dengan istilah (P.1)
  2. Penyelenggaraan himpunan data, kegiatan pendukung layanan konseling untuk menghimpun seluruh data dan keterangan yang relevan dengan keperluan pengembangan klien. (P.2)
  3. Konfrensi kasus, kegiatan pendukung layanan konseling untuk membahas permasalahan yang dialami klien dalam suatu forum pertemuan yang dihadiri oleh berbagai pihak yang dapat diharapkan memberikan bahan, keterangan, kemudahan, dan komitmen bagi terentaskannya massalah tersebut. (P.3)
  4. Kunjungan rumah, kegiatan pendukung layanan konseling untuk memperoleh data, keterangan. Kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya permasalahan klien melalui kunjungan rumah. (P.4)
  5. Alih tangan kasus, kegiatan pendukung layanan konseling untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan tuntas atas masalah yang dialamiklien dengan memindahkan penanganan kasus dari satu pihak ke pihak lainnya. (P.6)
  6. Kelima Satkung tersebut disempurnakan menjadi enam Satkung yaitu dengan memuat unsur tampilan kepustakanaan.
  7. Tampilan Kepustakaan, yaitu kegiatan menyediakan berbagai bahan pustaka yang dapat digunakan peserta didik dalam pengembangan diri, kemampuan sosial, kegiatan belajar dan karir/jabatan. (P.5)
Setelah penyempurnaan tersebut alih tangan kasus yang semulanya P.5 menjadi P.6 dan tampilan kepustakaan menjadi P.5

sumber: www.konselingindonesia.com

Demikianlah artikel tentang Kegiatan Pendukung Dalam Bimbingan Dan Konseling, jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin di tanyakan silahkan untuk memberikan komentar kamu di bawah ini.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon