Perbedaan Blogger Dengan Penulis Lepas (Freelance)

Tags

Menulis adalah sebuah kegiatan yang sangat membosankan dan bisa juga menjadi kegiatan yang sangat mengasikkan.

Perbedaan Blogger Dengan Penulis Lepas (Freelance)

Namun bukan berarti menulis adalah sesuatu yang buruk. Namun dititik beratkan kepada sang penulis sendiri. Jika saja hasil tulisan langsung mendapatkan reward maka akan membuat semangat sendiri untuk menulis.

Lain halnya saat tulisan tidak langsung mendapatkan reward maka hal tersebut bisa menjadi bomerang kepada sang penulis. Misalnya saja penulis menjadi malas,dll.

Dewasa ini kita pasti sering membaca tulisan, baik itu di media massa offline atau online.
Media offline itu ya seperti koran, novel, cerpen, dll. Jika media massa ya seperti situs berita ataupun blog-blog informasi yang menyajikan banyak hal.

Nah, topik yang akan kita bahas kali ini adalah tentang perbedaan penulis sebagai penulis lepas (freelance) atau penulis blog(Blogger).

Penulis Freelance disini saya artikan sebagai penulis di sebuah media massa seperti, BaBe, UC, nulis, vebma, keepo, dll.

Mungkin masih banyak situs besar yang membuka wadah bagi penulis untuk memberikan kontribusinya untuk menulis sebuah artikel ya.

Penulis blogger disini yang saya maksudkan adalag seorang penulis blog. Ya, tentu kita tahu bahwa seorang penulis di blog adalah seseorang yang berbeda dengan seorang freelance di situs besar.

Lalu apa perbedaan Tatatulis blogger dengan penulis lepas?

Saat kita mebaca sebuah artikel di media atau situs berita tentu akan berbeda dengan saat kita membaca tulisan di blog-blog yang sering kita jumpai.

1. Penulis lepas

Menjadi seorang penulis lepas itu gampang-gampang susah ya. Contohnya saja Anda menulis di situs UC News, atau BaBe, dll.

Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah artikel, jika tulisan anda menyalahi aturan maka artikel Anda tidak bisa di publis dan Anda harus merevisi kembali.

Lalu enaknya penulis lepas apa?

Menjadi Penulis lepas tidak perlu untuk ribet dalam menetapkan keywod di dalam tulisan atau di artikel. Cukup dengan memberikan sebuah judul dan gambar banner (membuat jawaban atau menarik perhatian) maka akan membuat view naik.

Yang paling utama adalah reward, yang tenty berupa uang. Yang bisa membuat dapur mengepul ya.

2. Blogger (Penulis Blog)

Menjadi seorang blogger memang sangat tidak mudah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dikerjakan. Baik itu dari tatatulis artikel, template blog, kegiatan blogwalking dll. Intinya kesehatan blog wajib di jaga dalam waktu yang rutin.

Seorang blogger selalu mencari cara atau melakukan riset agar tulisannya mencapai halaman pertama google. Oleh karena itu ada istilah SEO dalam blogger.

Teknik SEO dalam sebuah artikel yang di tulis ada bermacam-macam. Mulai dari penempatan kata kunci di paragraft pertama dll. (Informasi selanjutnya, Anda bisa membacanya di blog yang membahas tentang SEO)

Kesimpulan

Jadi, bisa dibilang perbedaan yang sangat mendasar antara penulis lepas dan penulis blog adalah tempat dimana artikel diupload.
Penulis lepas mengupload disitus atau tempat yang memberikan reward melalui syarat tatatulis yang ketat karna ada proses review dari sang moderator. Selain itu, walaupun aturan ketat penulis lepas tidak terbebani dengan ilmu SEO.

Sedangkan untuk seorang blogger wajib memiliki pengetahuan tentang SEO. Walaupun nyatanya tidak semua blogger paham dengan ilmu SEO. Ada blogger yang menulis perasaannya, apa yang dilihat, yang dialami, tanpa tahu SEO, tanpa mengharap reward uang. Mereka tetap seorang blogger!

Lalu, bagaimana menurut pendapat Anda?

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon