7 Cara Mengendalikan Kelas Yang Harus Dikuasai Guru

Tags

7 Cara Mengendalikan Kelas Yang Harus Dikuasai Guru. Menjadi guru yang pintar adalah bukan hanya mampu menguasi materi pelajaran dengan baik. Hal ini tidak akan berjalan dengan baik jika Anda tidak mampu menguasai kelas dengan baik. Hal ini dikarenakan kondisi kelas akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang anda sampaikan. 



7 Cara Mengendalikan Kelas Yang Harus di Kuasai Guru

Namun jangan khawatir, sebab ada 7 Cara Ampuh untuk Mengendalikan Kelas yang ampuh dipraktekkan oleh seorang guru untuk mengatasi hal tersebut. Apa saja Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

1. Kuasai Dengan Baik Renca Pelaksanaan Pembelajaran

Apakah Anda sudah mempersiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)? Jangan sampai Anda tidak menyukai hal ini ya. Ya, walaupun jujur saja mempersiapkan RPP adalah hal sangat melelehkan, namun RPP adalah sebuah tonggak dimana Anda sebagai guru akan memberikan pelajaran di kelas.

Aturlah RPP sesuai dengan kemampuan Anda dan pasti RPP tersebut sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku sekarang.

2. Ketua Kelas Menyiapkan Kelas di Awal dan di Akhir Pelajaran

Dalam hal ini, Guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada ketua kelas untuk menyiapkan teman-temannya. Contohnya saja memimpin untuk berdoa bersama dan menyapa guru. Ketua kelas juga bisa memberikan kepada guru tentang keadaan siswa, misalnya siswa yang tidak masuk atau sedang izin keluar kelas.

3. Mengawali Pembelajaran dengan Informasi Aktual/Permainan

Cobalah bayangkan saat Anda masih duduk dikelas dahulu, pada saat itu Anda sedang lelah karena pelajaran yang baru selesai namun sudah masuk lagi guru lain yang akan memberikan pelajaran yang berbeda. Pasti sangat membosankan bukan? 

Oleh karena itu, sebaiknya anda awali dengan menyapa peserta didik Anda, berikan informasi-informasi yang aktual atau Anda juga bisa memberikan permainan agar siswa dapat menjadi senang kepada Anda.

4. Media Pembelajaran

Setelah Anda selesai menyiapkan sebuah RPP, maka Anda dapat merencanakan media apa yang akan Anda gunakan sebagai akses menyampaikan materi Anda. Media yang sudah Anda perkirakan ini sebaiknya diurutkan sesuai dengan zaman atau disesuaikan dengan zaman multimedia seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, sebagai guru Anda juga harus selalu mengikut perkembangan zaman (tidak terpaku). Namun, ada catatan yakni Anda tidak perlu menuntuk pihak sekolah untuk memberikan media seperti internet dll. Media dapat berupa apa saja yang dapat anda kembangkan dari mana saja, contohnya buu, klipping, artikel internet dsb.

5. Perlunya Permainan

Sebagai guru, Anda juga pasti pernah meerasakan menjadi siswa. Sehingga Anda juga pasti sangat tahu bagaimana rasanya menjadi siswa yang tidak mood belajaran karena suasana di kelas sangatlah membosankan. Oleh karena itu, Guru harus mempunyai siasat yang pas untuk mencairkan suasana, salah satunya dengan memberikan sebuah permainan. 

6. Memberi Siswa Poin

Guru juga harus memberikan siswa sebuah poin. Maksud poin disini yakni dalam bentuk reword atau penghargaan terhadap siswa yang mampu memenuhi sebuah tujuan pembelajaran yang Anda sampaikan.

7. Perlu Ketegasan Terhadap Siswa yang Bermasalah

Dalam membina peserta didik atau siswa, guru harus mempunyai sikap yang tegas dan disiplin. Dalam disiplin juga tidak harus memperlakukan dengan tindakan yang keras. Guru hanya perlu menegakkan peraturan yang konsisten. Jika ada siswa atau peserta didik yang mempunyai masalah namun tidak segera di tindak lanjuti, maka siswa tersebut ibara seekor ulat yang ada di buah apel, yang merusak bagian lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang 7 Cara Mengendalikan Kelas yang dapat Anda pelajari! Bila mana Anda mempunyai saran silahkan berikan komentar kamu di kolom yang sudah di ada di bawah ini.

Artikel Terkait

16 Comments

Silahkan mas, nanti bagi2 pengalamannya ya :D

boleh di juga untuk di terapkan di kelas

iya mas, monggo mas, mari kita praktekkan bareng2 :)

saya gak mampu jadi guru gan...dulu aja pernah jadi guru les stressnya minta ampyuuun ngadepin anak-anak huhuhuhu

Kan itu tantangan guru pak, menghadapi anak anak yang masih mencari2 perhatian dan yang sukanya bermain.

Inovasi yang dibutuhkan untuk pendidikan ideal ya..

Iya kak, sangat perlu dan wajib sebagai guru terus berinovasi dikelas, di sekolah, di lingkungan masyarakat agar generasi penerus tumbuh positif dan berprestasi dalam karya2 yang mampu mengharumkan nama bangsa.

Bener juga Gan, ketua kelas harus aktif dalam mengatur segala ketertiban dan memberikan informasi kelasnya kepada Guru. Nice info Gan. Soalnya dulu saya mau nyoba jadi ketua kelas, untungnya enggak wkwk

Iya mas, yg tau betul keadaan siswa di kelas kan ketua kelas. Guru tidak sepenuhnya ada, apalagi guru mata pelajaran. Oleh karenanya guru juga mengajak ketua kelas dalam mengatur keadaan kelas.

good mas.. hal-hal diatas kadang ga banyak dilakukan guru-guru di sekolah

iyaaa pak, guru juga tetap manusia yang ada kurangnya juga. Namun alangkah baiknya jika guru selalu menerapkan hal diatas.

Ternyata menjadi seorang guru tidak begitu mudah, perlu juga teknik agar kelasnya terkendalikan

iyaa pak, banya hal yang perlu dipersiapkan guru sebelum berangkat kesekolah :)
dengan tekad tulus maka guru akan melakukan apa saja demi murid-muridnya.

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon