Berikut ini kami sajikan contoh Tugas kuis sejarah yang berjudul tentang Desain Pembelajaran. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini:
TUGAS KUIS
DESAIN PEMBELAJARAN
Dosen
Pengampu: Drs.Awet Setiawan Widoyoko,M.Pd
NAMA : HENDRI SETIAWAN
NPM : 13220005
SEMERTER : III ( Tiga)
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM
STUDY PENDIDIKAN SEJARAH
UIVERSITAS
MUHAMMADIAH METRO
1. Peranan
guru dalam pembelajaran ada tiga hal yaitu perancang ( designer), pelaksana (
actor ), penilai ( evaluator ). Jelaskan
ketiganya!
Jawab:
- Peranan guru sebagai perancang ( designer) yaitu mempersiapkan apa yang akan di lakukan di dalam proses belajar mengajar.
- Peranan guru sebagai pelaksana ( organizer) yaitu menciptakan situasi, memimpin, merangsang, menggerakan, dan mengarahkan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana.
- Peranan guru sebagai penilai ( evaluator) yaitu mengumpulkan, menganalisa, menafsirkan, dan akhirnya harus memberikan pertimbangan atas tingkatan keberhasilan pembelajaran berdasarkan kriteria yang di terapkan, baik mengenai aspek keefektifan prosesnnya maupun kualifikasi produk.
2. Apakah
pengertian analisis instruksional serta manfaatnya?
Jawab:
analisis
instruksional yaitu suatu alat yang di
pakai oleh para penyusun atau guru untuk membantu mereka di dalam
mengidentifikasi setiap tugaspokok yang harus di kuasai/ dilaksanakan oleh
siswa dan sub tugas atau tugas dasaryang membantu siswa dalam menyelesaikan
tugas pokok. Manfaatnya
ialah:
- Membantu para guru/ pendidik maupun penyusun desain instruksional untuk mengorganisir tugas- tugas pokok dalam hubungannya dengan sub tugas yang harus di pelajaari siswa.
- Membantu para guru dalam menganalisis tingkah laku (behavior) berkenaan dengan masing- masing tugas pokok maupun sub tugas.
- Membantu para guru untuk memperkirakan waktu yang di perlukan untuk belajar, sehingga siswa dapat melaksanakan suatu tugas denga baik.
3. Keterampilan
dasar mengajar apa sajakah yang diperlukan oleh seoranng guru?
Jawab:
Keterampilan
dasar mengajar pendidik dapat dibedakan menjadi 8 jenis keterampilan, yaitu:
a. Keterampilan Menjelaskan
Keterampilan menjelasakan adalah suatu keterampilan menyajikan bahan belajar yang diorganisasikan secara sistematis sebagai suatu kesatuan yang berarti, sehingga mudah dipahami para peserta didik.
b. Keterampilan Bertanya
Bertanya merupakan suatu unsur yang selalu ada dalam proses komunikasi, termasuk dalam komunikasi pembelajaran. Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan jawaban(respon) dari peserta didik.
c. Keterampilan Menggunakan Variasi Stimulus
Keterampilan menggunakan variasi stimulus merupakan keterampilan guru dalam menggunakan bermacam kemampuan dalam mengajar untuk memberikan rangsangan kepada siswa agar suasana pembelajaran selalu menarik, sehingga siswa bergairah dan antusias dalam menerima pembelajaran dan aktivitas belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif.
d. Keterampilan Memberi Penguatan
Memberi penguatan atau reincorcement merupakan tindakan atau respon terhadap suatu bentuk perilaku yang dapat mendorong munculnya peningkatan kualitas tingkah laku tersebut di saat yang lain.
e. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Keterampilan membuka pelajaran adalah usaha guru untuk mengkondisikan mental peserta didik agar siap dalam menerima pelajaran. Dalam membuka pelajaran peserta didik harus mengetahui tujuan yang akan dicapai dan langkah-langkah yang akan ditempuh.
f. keterampilan mengelola kelas
Keterampilan mengelola kelas merupakan kemampuan guru dalam mewujudkan dan mempertahankan suasana belajar mengajar yang optimal.
4. Jelaskan
macam- macam metode mengajar?
Jawab:
a. Metode Proyek
Metode proyek atau unit adalah cara
penyajian pelajaran yang bertitik tolak dari suatu masalah, kemudian dibahas
sehingga pemecahannya secara keseluruhan dan bermakna.
- Kelebihannya yaitu dapat memperluas pemikiran siswa; dapat membina siswa dengan menerapkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
- kekurangannya adalah kurikulum saat ini yang belum menunjang pelaksanaan metode ini; pemilihan topic unit yang tepat, fasilitas cukup sesuai dengan kebutuhan siswa bukan pekerjaan mudah.
b.
Metode eksperimen
Metode eksperimen
(percobaan) adalah cara penyajian pelajaran dimana siswa melakukan percobaan
dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.
- Kelebihan metode ini adalah membuat siswa lebih percaya atas kebenaran berdasarkan percobaannya; dapat membina siswa untuk membuat trobosan-trobosan baru dengan penemuan dari hasil percobaannya.
- kelemahan metode ini adalah lebih sesuai dengan bidang-bidang sains dan teknologi;menuntut ketelitian, keuletan, dan ketabahan; setiap percobaan tidak harus memberikan hasil yang diharapkan.
c.
Metode Tugas dan Resitasi
Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas agar siswa melakukan kegiatan belajar.
Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas agar siswa melakukan kegiatan belajar.
- Kelebihan metode ini adalah lebih merangsang siswa dalam melakukan aktivitas belajar individual ataupun kelompok; dapat mengembangkan kemandiirian siswa; mengembangkan kreativitas siswa, serta membina tanggung jawab dan disiplin siswa.
- kekurangannya adalah siswa sulit dikontrol, apakah ia mengerjakan sendiri atau tidak; tidak mudah memberikan tugas yang sesuai dengan perbedaan individual siswa; dll
d.
Metode Diskusi
Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bias berupa pernyataan atau pertanyaan untuk dibahas dan dipecahkan bersama.
Metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, dimana siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bias berupa pernyataan atau pertanyaan untuk dibahas dan dipecahkan bersama.
- Kelebihan metode ini adalah mengembangkan sikap menghargai orang lain; memperluas wawasan; serta merangsang kreativitas anak didik.
- kekurangannya adalah tidak dapat dipakai kelompok yang besar; peserta mendapat inbformasi yang terbatas; serta dikuasai oleh orang yang pandai berbicara saja.
e. Metode
Sosiodrama
Sosiodrama pada dasarnya
mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial.
- Kelebihan metode ini adalah siswa dapat melatih dirinya untuk memahami, dan mengingat isi bahan yang didramakan; siswa akan terlatih untuk berinisiatif dan berkreatif; kerja sama antar pemain dapat ditumbuhkan dan dibina dengan baik; serta siswa memperoleh kebiasaan untuk menerima dan membagi tanggung jawab dengan sesama.
- kekurangannya adalah banyak memakan waktu; serta mengganggu kelas yang lain
f.
Metode Demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara penyajian
pelajaran dengan meragakan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda
tertentu yang sedang dipelajari.
- Kelebihan metode ini adalah siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari proses pengajaran lebih menarik.
- Kekurangannya adalah harus memerlukan ketrampilan khusus; fasilitas yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik.
g. Metode
problem solving
Metode problem solving (pemecahan
masalah) bukan hanya sekedar metode mengajar, tetapi juga merupakan satu metode
berpikir, sebabdapat menggunakan metode-metode lainnya yang dimulai dengan
mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.
- Kelebihan metode ini adalah dapat mambuat pendidikan di sekolah menjadi lebih relevan dengan kehidupan; dapat membiasakan para siswa menghadapi dan memecahkan masalah; serta merangsang pengembangan kemampuan berpikirsiswa secara kreatif dan menyeluruh.
- kekurangannya adalah proses belajar mengajar sering memerlukan waktu yang cukup banyak; mengubah kebiasaan siswa belajar dengan mendengarkan dan menerima informasi dari guru.
h. Metode
Karyawisata
Dikatakan teknik karyawisata karena cara
mengajar yang dilaksanakan dengan mengajar siswa ke suatu tempat atau obzjek
tertentu di luar sekolah untuk mempelajari/menyelidiki sesuatu.
- Kelebihan metode ini adalah memiliki prinsip pengajaran modern; lebih merangsang kreatifitas siswa; informasi sebagai bahan pelajaran lebih luas dan actual.
- Kekurangannya adalah fasilitas dan biaya yang diperlukan sulit disediakan oleh siswa/sekolah; memerlukan persiapan yang matang.
i. Metode
Tanya Jawab
Metode Tanya jawab adalah cara penyajian
pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, bias dari guru kepada
siswa maupun siswa kepada guru.
- Kelebihan metode ini adalah pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa; merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan; mengembangkan keberanian dan ketrampilan siswa.
- Kelemahannya adalah siswa merasa takut; tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir siswa; sering membuang-buang waktu.
j. Metode
Latihan
Metode latihan (metod training),
merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan
tertentu.
- Kelebihannya adalah untuk memperoleh kecakapan motorik, mental, dan dalam bentuk asosiasi yang dibuat.
- Kelemahannya adalah menghambat bakat dan inisiatif siswa; membentuk kebiasaan yang kaku; serta dapat menimbulkan verbalisme
k. Metode
Ceramah
Metode ceramah adalah metode yang boleh dikatakan metode
tradisional, karena sejak dulu metode ini telah dipergunakan sebagai alat
komunikasi lisan antara guru dengan siswa dalam proses mengajar.
- Kelebihan metode aini adalah guru mudah menguasai kelas; mudah mengkoordinasikan tempat duduk; dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar.
- Kelemahannya adalah mudah menjadi verbalisme (pengertian kata-kata); sifatnya membosankan; susah untuk dimengerti oleh siswa; siswa menjadi pasif.
5. Menurut
undang- undang no. 20 tahun 2003 sisdiknas tentang pendidik dan tenaga
kependidikan. Apa perbedaannya?
Jawab:
- Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.
- Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.
Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁
EmoticonEmoticon