Contoh Lembar Validasi Pedoman Wawancara Dan Pedoman Observasi

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabarnya para pejuang skripsi? pasti masih semangat dan sehat selalu bukan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang lembar validasi yang terdiri dari lembar pedoman wawancara dan lembar pedomanan observais. Biasanya digunakan sebelum melakukan penelitian. 


Hal ini berlaku baik penelitian kualitatif ataupun kuantitatif namun dengan format yang berbeda. Nah, yang akan kita bahas dibawah ini contoh lembar validasi dengan penelitian kualitatif . 

Mari kita simak ulasannya berikut ini:


LEMBAR VALIDASI
PEDOMAN WAWANCARA DAN PEDOMAN OBSERVASI



Nama                            : Agus Wibowo, M.Pd
Pekerjaan                     : Dosen
Bidang Keahlian           : Dosen Bimbingan dan Konseling







Petunjuk:
  1. Berdasarkan pendapat Bapak/Ibu, berilah checlist (v) pada kolom yang sesuai dengan kriteria. 
  2. Mohon menulislah kesimpulan pada tempat yang tersedia dengan memilih salah satu kategori yang sesuai. 
  3. Jika ada yang perlu dikomentari, tuliskan pada tempat yang tersedia.


No
Elemen yang Divalidasi
Kriteria
LD
LDR
TLD
1.
Format pedoman wawancara dan pedoman   observasi
2.
Kesesuaian petunjuk penilaian pada pedoman wawancara dan observasi
3.
Kejelasan huruf
4.
Istilah yang digunakan tepat dan mudah dipahami
5.
Cukup aspek-aspek pedoman wawancara dan pedoman observasi

6.
Kesesuaian pedoman dengan indikator pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling

Untuk kesimpulan diharapkan diidikan kode di bawah ini agar dapat diketahui kelayakan lembar validasi pedoman wawancara dan pedoman observasi


Keterangan:
LD = Layak Digunakan
LDR =Layak Digunakan Dengan Revisi
TLD =Tidak Layak Digunakan

Penilaian umum

1. Mohon berikan penilaian bapak/ibu yang sesuai dengan cara melingkari angka dibawah ini!


Instrument Penyesuaian Sosial
1.    Belum dapat digunakan
2.    Dapat digunakan dengan revisi banyak
3.    Dapat digunakan dengan revisi sedikit
4.    Dapat digunakan tanpa revisi


2. Komentar dan saran perbaikan

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................




Metro, ............
Validator


Agus Wibowo, M.Pd


Baca Juga:

Tabel. 2 PEDOMAN OBSERVASI

Subjek Penelitian :
Waktu :
Tanggal :


No

Aspek yang diamati
Hasil pengamatan
layak
Kurang layak
Tidak ada
Deskripsi pengamatan
1.
Pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling
2.
Penggunaan media dalam pelaksanakan Bimbingan dan   Konseling
3.
Langkah-langkah dalam pemberian layanan Bimbingan dan   Konseling
4.
Jenis layanan yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling.

Tabel 1. Kisi-kisi Pedoman Wawancara

Pewawancara : Badilah Hidayati Virgiasih
Informan : Guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 4 Metro
Tanggal :
Tempat : Ruang Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 4 Metro
Tujuan : Untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling mengentaskan masalah penyesuaian sosial remaja

No
Definisi Operasional Variabel
Indikator
Prediktor
Item pertanyaan
1.
Penyesuaian sosial merupakan keberhasilan seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap orang lain pada umumnya dan terhadap kelompoknya pada khususnya. Hurlock (2013:287)
Masalah kecanggungan dalam  pergaulan akibat perbedaan dalam perkembangan fisik.
Munculnya prilaku-prilaku s*ksual
a.   Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan pengetahun kepada peserta didik tentang bahaya s*ks bebas yang terjadi pada kalangan remaja sekarang ini?

b.  Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalammengatasi masalah fre*e s*x yang terjadi pada peserta didik yang tidak sesuai dengan norma serta aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat?
Sikap penolakan diri
a.  Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling mengentaskan masalah sikap peserta didik yang belum bisa menerima perubahan suara dan munculnya bulu-bulu halus dibagian tertentu yang terjadi pada dirinya?

b.  Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi peserta didik yang mengalami perubahan dalam kematangan fungsialat reproduksi?
3.Timbulnya gejala-gejala emosi

a. Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling mengatasi sikap peserta didik akibat perubahan tinggi dan berat badan yang berbeda dengan teman lainnya ?

b.Bagaimana  upaya guru Bimbingan dan Konseling mengendalikan peserta didik yang memilikiemosi yang berlebihan ?
2. Sikap negatif terhadap guru mata pelajaran dan pelajaran
1.   Mengalami kesulitan belajar pada guru mata pelajaran 
a. Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling mengatasi masalah peserta didik yang sulit menerima pelajaran tertentu?

b. Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling menghilangkan pemikiran yang negatif peserta didik pada guru mata pelajaran tertentu?
2.Kelemahan dalam proses belajar
a. Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang enggan bertanya dan mencatat saat pelajaran berlangsung?

b. Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling menghilangkan rasa malas belajarpeserta didik dalam memperhatikan penjelasan saat pelajaran berlangsung?
Merasa rendah diri pada mata pelajaran
Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik  dengan menanyakan pendapat yang dirasa tidak mampu dalam pelajaran tertentu ?

Bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam mengerjakan tugas ?


Demikianlah Contoh Lembar Validasi Pedoman Wawancara Dan Pedoman Observasi. Bila ada yang kurang jelas, silahkan berikan pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah ini.

Salam sukses untuk kawan-kawan Bimbingan dan konseling!

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon