Pengertian Penyelesaian Hambatan Pemilihan Karir Dalam Bimbingan Dan Konseling

Penyelesaian Hambatan Pemilihan Karir

Pengertian Penyelesaian Hambatan Pemilihan Karir


Dalam bimbingan dan konseling, pemecahan masalah adalah bagian penutup dari proses yang lebih besar yang juga mencakup masalah menemukan dan masalah membentuk.


Pengertian Penyelesaian Hambatan Pemilihan Karir Dalam Bimbingan Dan Konseling

Penyelesaian adalah suatu tindakan yang diambil untuk pemecahan masalah yang dialami. Menurut Wikipedia (2014) menjelaskan bahwa:

Penyelesaian atau pemecahan masalah adalah bagian dari proses berpikir. Sering dianggap merupakan proses paling kompleks di antara semua fungsi kecerdasan, pemecahan masalah telah didefinisikan sebagai proses kognitif tingkat tinggi yang memerlukan modulasi dan kontrol lebih dari keterampilan-keteranpilan rutin atau dasar. Proses ini terjadi jika suatu organisme atau sistem kecerdasan buatan tidak mengetahui bagaimana untuk bergerak dari suatu kondisi awal menuju kondisi yang dituju.

Sedangkan menurut Krisanto dan Adi (2014) menyatakan bahwa “pemecahan masalah sebagai suatu usaha mencari jalan keluar dari suatu kesulitan guna mencapai suatu tujuan yang tidak segera dapat dicapai.”

Berdasarkan pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penyelesaian masalah yaitu suatu proses berpikir untuk mencari jalan keluar dari suatu kesulitan yang dianggap paling kompleks di antara semua fungsi kecerdasan guna mencapai suatu tujuan.

Pengertian hambatan merupakan halangan yang dialami seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Menurut Habibullah (2015) menjelaskan pengertian hambatan yaitu sebagai berikut “hambatan adalah usaha yang ada dan berasal dari dalam diri sendiri yang memiliki sifat atau memiliki tujuan untuk melemahkan dan menghalangi secara tidak konsepsional”.

Sedangkan menurut Tim penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 385) memaparkan pengertian dari hambatan yaitu sebagai berikut:” Hambatan adalah halangan atau rintangan”. 


Hambatan memiliki arti yang sangat penting dalam setiap melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan. Suatu tugas atau pekerjaan tidak akan terlaksana apabila ada suatu hambatan yang mengganggu pekerjaan tersebut. 

Hambatan merupakan keadaan yang dapat menyebabkan pelaksanaan terganggu dan tidak terlaksana dengan baik. Setiap manusia selalu mempunyai hambatan dalam kehidupan sehari-hari, baik dari diri manusia itu sendiri ataupun dari luar manusia. 

Hambatan cenderung bersifat negatif, yaitu memperlambat laju suatu hal yang dikerjakan oleh seseorang. Dalam melakukan kegiatan seringkali ada beberapa hal yang menjadi penghambat tercapainya tujuan, baik itu hambatan dalam pelaksanaan program maupun dalam hal pengembangannya.

Berdasarkan pemaparan tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa hambatan adalah suatu rintangan atau halangan yang dapat menghambat atau menghalangi usaha yang akan dilakukan atau dilaksanakan oleh individu atau diri sendiri. 

Hambatan bersifat negatif, oleh karena itu banyak kegiatan yang seringkali ada beberapa hal yang menjadi penghambat dalam tercapainya tujuan, baik hambatan dalam pelaksanaan program maupun dalam hak pengembangannya.

Pengertian pemilihan karir adalah pengembangan kepribadian seseorang atau kematangan dalam memilih lapangan pekerjaan. Para ahli psikoanalisis memandang asal mula dari minat seseorang adalah sebagai suatu respon pada suatu kebutuhan ego untuk dihargai dan status yang memuaskan. Mereka memandang bahwa pemilihan karir adalah kebutuhan pokok bawah sadar. 

Menurut Cahyo (2015) “arah pilihan karir seseorang merupakan suatu proses yang berlangsung lama dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor penunjang maupun faktor penghambat bagi seseorang dalam membuat keputusan karir”.

Sedangkan menurut John Holland yang dikutip Cristian (2015) memandang bahwa “pilihan karir dan penyesuaian karir merupakan pengembangan dari kepribadian seseorang. Individu mengekspresikan dirinya, ketertarikan, dan nilai-nilai melalui pilihan karir mereka.”

Berdasarkan pengertian penyelesaian hambatan pemilihan karir di atas, maka dappat disimpulkan bahwa penyelesaian hambatan pemilihan karir adalah suatu usaha mencari jalan keluar untuk mengatasi rintangan atau halangan yang dapat menghambat peserta didik dalam mengembangkan dirinya kedepannya terutama dalam bidang karir.

Referensi:
Cahyo, Cristian. 2015. Teori-teori Karir 
Krisanto C.A.W, Zegger Edytias, dan Adi Kurniawan. 2014. Pemecahan Masalah

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon