Metro Sampai Terminal Rambutan! Habis Ongkos Berapa?

Tags

Pagi hari di sabtu lalu sangat tidak bersahabat bagi saya yang akan melakukan perjalanan menuju Terminal kota metro. Sebab hujan yang mengguyur Lampung dan juga kota metro membuat suasana sangat nyaman untuk melanjutkan tidur.

Walaupun begitu, tapi hari Sabtu itu saya berencana untuk bepergian. Hmm,, waktu menunjukkan pukul 08.00 WIB, keluar kamar untuk melihat sinar matahari, tapi ya namanya hujan baru usai nampaknya membuat sinar matahari agak enggan untuk memunculkan sinarnya.

Ya, setelah semua dipersiapkan, sekitar pukul 11 saya pun meminta adik perempuan untuk mengantarkan saya ke terminal kota metro menggunakan sepada motor.

Sekitar 10 menit perjalanan saya tiba di terminal. Lalu melihat jejeran bus yang antri mendapatkan penumpang. Ku pikir-pikir jika naik dari terminal maka akan butuh waktu yang lama, karena bus akan berhenti lagi di halte sebanyak 2x, dan memakan waktu masing-masing 10menit.

Sehingga 20 menit waktu saya akan terbuang jika saya naik dari terminal. Maka kuputuskan untuk melaju menuju halte ke-2 dimana menjadi tempat pemberhentian terakhir bus dari metro menuju terminal Rajabasa.

Waktu sudah menunjukkan pukul 11.30 saat supir bus melakukan kendaraan yang sangat penting ini. Dari metro sampai terminal Rajabasa, membutuhkan waktu sekitar 1 jam, sehingga saya sampai di terminal Rajabasa sekitar pukul 12.30 dengan biaya hangah Rp.15.000,00-.

Setibanya di terminal Rajabasa, para penumpang langsung disambut oleh para pencari penumpang, atau kernet mobil untuk ditanya tujuannya.

Awas! Bahaya mengintai.. hehe

Tidak ya ... Tenang saja! Walaupun terminal rajabasa sedikit memberikan pengalaman yang seram bagi saya namun saya mencoba untuk biasa saja.

Jurus yang paling ampuh saat ditanya orang-orang di terminal ya jawab saja sebagaimana tujuan Anda. Nah, saya sendiri memang kurang suka jika ada yang bertanya lalu memaksa untuk naik mobil yang mereka sediakan, untuk itu, alangkah baiknya jika kita langsung jawab tujuan, sekarang mau ke masjid dahulu.

Nah, usai menunaikan kewajiban saya melihat-lihat kondisi terminal, mencari bus jurusan Bakauheni. Tak lama ada bapak-bapak yang menghampiri saya dan menanyakan tujuan saya. Saya jawab mau kebakhau, bapak itu langsung menyuruh saya naik bus ini, wah saya bilang nanti pak saya mau santai dulu. (Dalam hati saya mau liat-liat dulu bus yang akan saya naiki nyaman atau enggak?)

Saya kembali mengingat jam, wah sudah sore sedangkan perjalanan masih jauh saya pun naik saja bus ekonomi yang akan jalan ini. Setelah berjalan kurang lebih 1 jam, kernet bus meminta ongkos yakni sebesar Rp. 25.000,-. Oiya, dari terminal Rajabasa sampai ke pelabuhan Bakauheni memakan waktu sekitar 3 jam, jadi saya sampai di pelabuhan sekitar pukul 4 sore atau lebih,

Lalu saya masuk ke pelabuhan dan membeli tiket penyebrangan sebesar Rp. 15.000. nah bagi anak kecil dikenakan biaya sebesar Rp.8.000

Setelah itu, pukul 16.30 WIB kapal yang saya naiki berangkat. Untuk menemani saya menikmati pemandangan selat sunda di sore hari saya juga memesan kopi. Oh iya, perlu pembaca tahu bahwa harga makanan di kapal akan naik berlipat-lipat loh. Untuk kopi hitam yang saya pesan ini saya mengeluarkan kocek sekitar Rp. 12.000,-.  tapi Anda harus maklum ya, sebab di kapal kan tidak ada pedagang asongan.
Menara siger, Lampung
Oke, perjalananpun berlanjut, sampai akhirnya kapal yang saya naiki sudah akan berlabuh di pelabuhan merak. Perjalanan saya ini memakan waktu sekitar 2,5 jam ya, karna saya sampai di merak pukul 19.00 WIB.

Setibanya sampai di merak, saya langsung bergegas untuk menuju ke terminal merak yang jaraknya ya tidak jauh kok. Seperti biasa, langsung saja orang orang menyambut kedatangan manusia manusia yang keluar dari pintu keluar pelabuhan.

Saya lanjutkan langkah kaki, setidaknya saya masih ingat tempat yang saya lalui ini. Ya sekitar 7 tahun yang lalu, saya suka bersantai di pinggiran mercusur sebelah tempat parkir. Namun, sayangnya kini tempat itu sudah di tembok tinggi, sehingga ya tidak terlihat apa-apa lagi.

Melihat jam yang sudah tidak sore lagi, saya lanjutkan kaki untuk berjalan menuju terminal merak. Jalanan yang samping kiri dan kanannya di penuhi dengan para penjaja makanan. Beberapa kali para pedagang ini menawarkan makanannya kepada saya, namun karena saya tergesa-gesa saya hanya terus berjalan.

Sampainya di Terminal, saya yang agak lupa bus apa yang menuju ke kampung rambutan. Saya liat-liat bus yang sudah siap berangkat, namun tidak ada yang menuju ke terminal rambutan.

Saya pun duduk di dekat pos, sembari melepas lelas. Yah lumayan juga jalan dari pelabuhan sampai terminal. Karna saya menggendong tas yang beratnya kurang lebih 3 kg. Ga berat kok, cuma bikin pegel kalau terusan. Hehe

Setelah menunggu beberapa saat, sekitar pukul 20.20 WIB bus yang saya tunggu pun ada, ya bus Primajasa yang berwarna putih ya. Ongkos naik dari merak sampai terminal rambutan yakni Rp. 30.000. Dan sampai di terminal rambutan hampir jam 12 malam. Sehinggal 3,5 jam perjalanan.

Kesimpulan:

Metro-Rajabasa: 1 jam; ongkos Rp. 15.000
Rajabasa-Bakauheni: 3 jam: ongkos Rp. 25.000(Ekonomi)
Pelabuhan bakauheni-pelabuhan Merak: 2,5 jam; ongkos Rp. 15.000
Merak-Terminal Rambutan: 3,5 jam; ongkos Rp. 30.000

Sehingga total keseluruhan adalah Rp. 85.000,00.