Pengertian Statistik (Statistic)

Tags

Pengertian statistik. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pengertian statistik. Apa itu Statistik? Mungkin dari beberapa teman atau masih banyak teman-teman yang belum mengetahui pengertian statistik. langsung saja simak ulasannya berikut ini:


Secara etimologi kata "statistik" berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa inggris) atau kata staat (bahasa belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diartikakn menjadi negara.

Pengertian Statistik

Pada mulanya, kata "statistik" diartikan sebagai "kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif), maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara.

Namun dalam perkembangannya, arti kata statistik hanya dibatasi pada "kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif)" saja; bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi di sebut statistik.

Dalam bahasa inggris akan kita jumpai kata statistics dan statistic. Kedua kata itu mempunyai arti yang berbeda. kata statistics artinya "ilmu statistik", sedangkan kata statistic diartikan sebagai "ukuran yan diperoleh atau berasal dari sampel," yaitu sebagai lawan dari kata "parameter" yang berarti ukuran yang diperoleh atau berasal dari populasi".

Ditinjau dari segi etimologi, dewaasa ini (apabila kita membaca dan mendengar) istilah "statistik", maka dalam istilah "statistik" ini dapat terkandung sebagai macam pengertian
.

1. Istilah "statistik" kadang diberi peringatan sebagai "data statistik": yaitu "kumpulan bahan keterangan yang berupa angka atau bilangan:; atau dengan istilah lain "statistik" adalah deretan atau kumpulan angka yang menunjukan keterangan mengenai cabang legiatan hidup tertentu." termasuk dalam pengertian ini misalnya statistik penduduk, atatistik pertanian, statistik perdagangan, statisti pendidikan, statistik keagamaan, dsb. 

2. Istilah "statistik" juga sering diberi pengertian sebagai "kegiatan statistik" atau "kkegiata perstatistikan" atau "kegiatan penstatistikan".
Sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang tentang statistik (UU No. 7 tahun 1960), statistik mencangkup 4 hal:

  • Pengumpulan data
  • Penyusunan data
  • Pengumungan dan pelaporan data
  • Analisis data
Jika diringkas dari ke-4 hal tersebut maka:
  • Pengumpulan data
  • Penyajian data
  • Penganalisisan data
3. Istilah "statistik" kadang-kadang juga dimaksudkan atau dikandung pengertian sebagai "metode statistik"; yaitu cara-cara tertentu yang perlu ditempuh dalam rangka mengumpulkan, menyusun atau mengatur, menyajikan, menganalisis dan memberikan intrepretasi terhadap sekumpulan bahan keterangan yang berupa angka sedemikian rupa sehingga kumpulan bahan keterangan yang berupa angka itu "dapat berbicara" atau dapat memberikan pengertian dan makna tertentu.

4. Istilah "statistik" dewasa ini juga dapat diberi pegertian sebagai "ilmu statistik". Yang artinya adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan secara ilmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatann statistik. Dengan kata lain, Ilmu statistik adalah ilmu pengetahuan yang membahas (mempelajari) dan mengembangkankan prinsip-prinsip, metode, dan prosedur yang perlu ditempuh atau dipergunakan dalam rangka:

  • Pengumpulan data
  • Pengusunan atau pengaturan data angka
  • Penyajian atau penggambaran atau pelukisan data angka
  • Penganalisaan terhadap data angkae.
  • Penarikan kesimpulann, pembuatan perkiraan serta penyusunan ramalan secara ilmiah (secara matematika) atas dasar kumpulan data tersebut.
Demikianlah penjelasan dari pengetian statistik, semoga dapat dipahami dengan baik ya. Apabila ada tulisan yang kurang jelas silahkan tinggalkan pesan Anda dibawah ini.

Terima kasih

Artikel Terkait

8 Comments

Sering sekali banyak orang yang mengartikan statistik dalam banyak pengertian

iya mas, saya sendiri sebelumnya taunya malah statistik itu pokoknya hitung-hitungan yang rumit :)

akhirnya ketemu juga yang dicari cari , mksh bnyak gan :D

iya mas sama-sama, terima kasih kunjungannya :)

wah jadi itu apa itu statistik. saya sering denger tuh kalo lagi nonton pertandingan bola di tv..

Ah, sayangnya statistik adalah matakuliah yang paling gak saya sukai gan.. hehe

iyaa masss,, enaknya ngomong statistis itu data, kalo di bola biasanya data2 dari klub2 baik dari segi berapa kali menang atau kalah nya to mas :D

heheh
kenapa gak disukai mas? bikin pusing ya?

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon