Contoh Evaluasi Bimbingan Kelompok

Halo rekan-rekan mahasiswa bimbingan dan konseling ataupun ibu/bapak guru bimbingan dan konseling yang sedang dalam keadaan bahagia dan pastinya sangat luar biasa kesehatannya. kali ini kita akan membahas sebuah contoh evaluasi bimbingan kelompok

Evaluasi kita gunakan untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok agar dapat diketahui ketersampaian tujuan layanan bimbingan kelompok yang sudah dilaksanakan.

Contoh Evaluasi Bimbingan Kelompok

Oke, langsung saja kita simak contoh evaluasi pelayanan bimbingan kelompok berikut ini:

EVALUASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Layanan : Bimbingan Kelompok
Hari/Tgl : 2 september 2017
Kelas : X 
Jumlah : 8 orang
Mahasiswa PPLT : Irvan Hermawanto
Nama Anggota :
1. Ade dharna dwi putra
2. Andika eka saputra
3. Anwar sholeh
4. Dedi apriyanto
5. Dhepi adi saputra
6. Hendrikus willy nugroho
7. Mikael adi nugroho
8. Muhammad fahmi idris
9. Panji lumintang
10. Riky reflizal

A. Pelaksanaan Bimbingan Kelompok

1. Respon Siswa


Ketika pelaksanaan bimbingan kelompok respon siswa cukup baik hal itu terlihat dari sikap siswa yang mau memberikan jawaban ketika saya bertanya dan Ketika pelaksanaan bimbingan kelompok siswa memiliki respon yang cukup aktif dalam mengkuti kegiatan yang sedang berlangsung. Pada awalnya siswa sedikit malu untuk mengungkapkan atau menyampaikan pendapat yang ingin mereka kemukakan karena takut jika jawaban mereka salah. Kemudian saya memberikan dorongan kepada siswa bahwasannya tidak ada jawaban salah ataupun benar. Setelah itu siswa mulai aktif merespon apa yang ditanyakan oleh konselor

2. Keaktifan Siswa


Seperti yang telah dikemukakan diatas bahwasanya siswa aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. Sebab ada timbal balik yang dilakukan oleh siswa, ketika siswa merasa tidak tau dengan apa yang telah diungkapkan oleh konselor siswapun bertanya tanpa ada rasa takut. Keaktifan siswa pun dapat dilihat juga dari gestur tubuh yang terlihat sangat antusias dalam pelaksanaan bimbingan kelompok.

3. Perubahan Siswa


Setelah melakukan kegiatan bimbingan kelompok, siswa mengalami perubahan dalam hal berkomunikasi yakni dalam berpendapat, siswa mulai memberikan kontribusinya yang dalam tahap awal konselor mengira para siswa akan sulit dalam berkomunikasi, tetapi dalam pelaksanaannya siswa memberikan pendapat mengenai materi yang diberikan.

4. Tahap-Tahap dan Teknik Yang Digunakan

Teknik yang digunakan yaitu diskusi kelompok dan home room


Demikianlah pembahasan mengenai Contoh Evaluasi Bimbingan Kelompok. Apabila ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk memberikan komentar kamu di bawah ini. Dan jangan lupa untuk melihat daftar isi untuk menemukan pembahasan menarik lainnya seputardunia bimbingan dan konseling dan ilmu pengetahuan lainnya.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon