Alasan Penting Adanya Layanan Bimbingan Dan Konseling di Sekolah

Alasan Perlu Adanya Layanan Bimbingan Dan Konseling

Mengapa layanan bimbingan dan konseling perlu diaplikasikan di sekolah, mengingat situasi global membuat kehidupan semakin kompetitif dan membuka peluang bagi manusia untuk mencapai status dan tingkat kehidupan yang lebih baik.


Alasan Penting Adanya Layanan Bimbingan Dan Konseling di Sekolah


Dampak dari kondisi global telah mendorong manusia untuk terus berpikir, meningkatkan kemampuan, dan tidak puas terhadap apa yang dicapainya pada saat ini. Adapun dampak negatif dari globalisasi tersebut adalah sebagai berikut:
  • Keresahan hidup dikalangan masyarakat yang semakin meningkat karena banya konflik, stres, kecemasan, dan frustasi; 
  • Adanya kecenderungan pelanggaran kedisiplinan, kolusi dan korupsi, makin sulit diterapkannya ukuran baik–jahat serta benar-salah secara lugas; 
  • Adanya ambisi kelompok yang dapat menimbulkan konflik, tidak saja konflik psikis, tetapi juga konflik fisik; 
  • Pelarian dari masalah melalui jalan pintas yang bersifat sementara juga adiktif, seperti penggunanaan obat-obata terlarang;
Untuk mengatasi masalah tersebut peru dipersiapkan insan dan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu. Manusia indonesia yang bermutu, yaitu manusia yang harmonis lahir batin, sehat jasmani dan rohani, bermoral, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara profesional, serta dinamis dan kreatif. Hal ini sesuai dengan visi dan misi pendidikan nasional. 

Pendukung utama bagi tercapainya sasaran pembangunan manusia indonesia yang bermutu adalah pendidikan yang bermutu. Pendidikan yang bermutu tidak cukup dilakuka melalui transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga harus didukung oleh peningkatan profesionalitas dan sistem menejemen tenaga kependidikan, serta pengembangan kemampuan peserta didik untuk menolong diri sendiri dalam memilih dan mengambil keputusan demi pencapaian cita-citanya.

Kemampuan seperti itu tidak juga hanya menyangkut aspek akademik tetapi juga menyangkut aspek perkembangan pribadi, sosial, kematangan intelektual, dan sistem nilai. Oleh sebab itu, pendidikan yang bermutu di lingkungan pendidikan haruslah merupakan pendidikan yang seimbang, tidak hanya mampu menngantarkan anak didik pada pencapaian standart kemampuan profesional dan akademis, tetapi juga mampu membuat perkembangan diri yang sehat dan produktif. 


Para peserta didik disekolah atau lingkungan pendidikan umumnya adalah orang-orang yang sedang mengalami proses perkembangan yang memiliki karakteristik, kebutuhan dan tugas-tugas perkembangan yang harus dipenuhinya. Pencapaian standart kemampuan profesional/akademis dan tugas-tugas perkembangan peserta didik, memerlukan kerjasama yang harmonis antara pengelola dan pelaksanana manajemen pendidikan, pengajaran, dan bimbingan. Sebab, ketiganya adalah bidang utama dalam pencapaan tujuan pendidikan. (Nurisman:3-4).



Demikianlah pembahasan tentang Alasan Penting Adanya Layanan Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Apabila ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk mengajukan koemntar kamu di kolom yang sudah disediakan.


Artikel Terkait:
Pengertian Bimbingan dan Konseling Menurut Para Ahli
Konsep Dasar Bimbingan Dan Konseling Pribadi Pribadi

Artikel Terkait

6 Comments

Wah makasih gan, jadi tambah tau

iya pak. semoga bermanfaat ya
terima kasih atas kunjungannya

Benar mas, layanan bimbingan ini sangat penting. terlebih seperti yang ditulis diatas bahwa sebentar lagi sudah memasuki era globalisasi. Karena semua dituntut untuk memiliki ketrampilan dibidangnya.

seandainya di era modern seperti ini kita masih terbelenggu dengan minimnya keterampilan maka bisa pasti kita kalah dengan org luar yg sudah merajalenan di Indonesia

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon