2 Alasan Mengapa Dilarang Memakai Handphone di Pesawat dan Pom Bensin

Tags

Dilarang Memakai Handphone di Pesawat dan Pom Bensin

Kita pasti sangat hafal dengan pembahasan ini. Sering kali kita menjumpai sebuah larangan di POM ataupun saat akan menaiki pesawat terbang “Tidak Boleh Memakai Hanphone”.




Emang kenapa sih? Adakah yang bertanya seperti itu? atau sudah ada yang mengetahui alasannya..

Namun, bagi kamu yang masih berlum mengetahui alasan mengapa alat canggih masa kini itu tidak dapat di pakai saat mengisi bahan bakar minyak di pom dan di pesawat, mari kita bahas sama sama.

Baik, dalam perkembangan zaman yang serba modern ini kita pasti mempunyai hanphone masing-masing ya. Ya walaupun itu masih mini atau cengpo itu juga handphone bukan. Hehe

Pernahkah kamu mendengar tentang sebuah berita atau membaca artikel tentang bahaya hp jika digunakan di pom atau pesawat. Mungkin kalian akan bertanya tanya, Apa yang akan terjadi? Bisa jadi ada peristiwa pesawat yang jatuh atau pom bensin yang meledak atau yang lainnya.
Tetapi, apa hal tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah?

Tentu saja ada! Namun untuk sebian besar pernyataan yang menyatakan bahwa hp dapat menyebabkan pesawat jatuh atau dapat membuat pom bensin terbakar adalah salah kaprah atau tidak benar. 

Lalu, jika hal tersebut tidak benar mengapa masih ada larangan tersebut!!! Oleh karena itu, mari kita simak penjelasannya berikut ini:

1. Diharuskan (Wajib) Memakai Mode Pesawat, Atau Pesawat Bisa Jatuh.

Pernyataan diatas pasti akan selalu kamu dengar saat menaiki pesawat terbang. Terlebih saat pesawat dalam posisi akan terbang dan akan mendarat di landasan.

Walaupun badan industri ponsel (Australian Mobile Telecommunications Association) mengatakan bahwa pemakaian hp sebenarnya mempunyai tingkat resiko yang kecil.

Hal tersebut disampaikan oleh Chris Althaus yang mengatakan bahwa tidak ada bukti nyata jika hp penunmpang bisa membuat sistem pesawat menjadi error .

Hal tersebut juga diteliti oleh Boeing (2000) dan Otoritas Penerbangan Federal AS (2012) juga tidak menemukan adanya hubungan pemakaian handphone dengan peristiwa error di pesawat.
Lalu, mengapa tidak boleh memakai HP di pesawat???...

Seperti yang sudah diungkapkan diatas, namun hal tersebut menjadi suatu titik tolak kebijakan ini.

Industri pesawat terbang juga tidak mau mengambil resiko walaupun resikonya sangat kecil sakalipun. Hal itu karena sekecil-kecilnya resiko itu tetap saja bisa membuat kekhawatiran. Benar bukan?

Contohnya begini, di dalam pesawat ada ada 20 penumpang yang semuanya memakai jasa HP yang menyiarkan kabarnya kekerabat atau teman-temannya di penjuru daerah. Hal itu tentu bisa saja membuat masalah kesalahan jaringan di dalam pesawat yang bisa saja juga dapat membuat error (walaupun kecil kemungkinannya).

Oleh sebab itu, maskapai penerbangan melarang penggunaan handphone di pesawat.

2. Apakah Handphone Menyebabkan Pom Bensin Meledak?

Ya, pernyataan ini sudah sangat lama kita dengar bukan. Kita selalu mendengar bahwa hp bisa membuat pom itu meledak.

Namun, apakah benar demikian? Lalu jika memang tidak benar mengapa di POM bensin ada larangan memakai hp ya?

Alat canggih ini memang bukan suatu alat yang benar benar aman dan hp juga memag bukan benda yang dibuat untuk lingkungan yang berada digunakan di sekitar bahan bakar.

Mungkin anda bisa saja membiarkan keselamatan anda dengan memakai hp di sekitar atau area POM. Namun, seperti yang di ungkapkan diatas bahwasannya sekecil-kecilnya kemungkinan bisa saja terjadi. Benar bukan?

Tentu saja dengan pemakaian handpone yang baik akan bisa memberikan dampak yang positif juga kepada kita sebagai pengguna. 

Artikel Terkait

4 Comments

mantap mas, iya ya tapi tetap aja saya kadang mbandel tetap pakai hp saat di spbu

namanya juga manusia mbak, tempatnya salah hehe
ya lain kali lebih baik pakai hape di saat di POM dikurangi. betul gak mba?

kalo di pom bensin saya rasa aman2 aja deh sejauh ini, karna kalo dipikir-pikir hampir setiap orang yang sedang mengisi bensin pasti membawa hp entah itu di kantong atau ditempat lain.. mungkin kalo dipakai nelpon baru bahaya kali ya hehe.. tapi tetap ikuti aturan aja untuk antisipasi kemungkinan terburuk

iya om, sebenernya saya pun saat di pom bawa hp.
cuma untuk memakai seperti untuk menelfon itu agak2 ngeri. ya kan emang resiko sedikit cuma kan kita ga tau apa yg akan terjadi kemudian. mencegah kan lebih baik om. hehe
terima kasih kunjungannya om hehe

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon