Dasar-dasar Hak Cipta dan Cara Pendaftaran Online atau Ofline

Tags

Dasar-dasar Tentang Pendaftaran Hak Cipta
  1. Apa yang kamu ketahui tentang Hak Cipta?
  2. Apakah saya perlu perlindungan hak cipta? 
  3. Bagaimana cara mendaftar?

Hak Cipta adalah bentuk hukum kekayaan intelektual yang melindungi karya-karya asli dari penulisnya termasuk sastra, drama, musik, dan karya seni seperti puisi, novel, film, lagu, perangkat lunak komputer dan arsitektur. Hukum hak cipta tidak melindungi fakta, gagasan, sistem, atau metode operasi, meskipun mungkin melindungi cara hal-hal ini diungkapkan.

Hak cipta atau Paten?

Ada tiga jenis perlindungan kekayaan intelektual. Properti bahwa seseorang menciptakan dengan pikiran atau kecerdasan mereka.
  1. Paten melindungi penemuan dan perbaikan penemuan yang ada
  2. Merek dagang adalah nama merek atau desain yang diterapkan untuk produk yang dapat dijual atau jasa yang Anda tawarkan
  3. Perlindungan hak cipta meliputi karya-karya sastra, seni, dan musik.
Contoh Hak Cipta
  1. Gone With The Wind - buku dan film yang
  2. Sistem A Down - rekaman band dan karya seni
  3. Video game adalah semua karya yang dilindungi hak cipta.
PERLINDUNGAN HAK CIPTA

Pekerjaan Anda di bawah perlindungan hak cipta saat itu dibuat dan tetap dalam bentuk yang nyata sehingga jelas baik secara langsung maupun dengan bantuan mesin atau perangkat. Saat Anda menulis, melukis, atau meletakkannya di internet, pekerjaan Anda dilindungi oleh hak cipta.

APAKAH SAYA PERLU MENDAFTAR?

berbagai Karya Anda dari seni, musik, dll, semua memiliki perlindungan hak cipta dengan atau tanpa pendaftaran hak cipta formal dengan Perpustakaan Kongres atau kantor hak cipta lainnya. Namun, pendaftaran hak cipta menambahkan bukti kepemilikan hak cipta dan membantu Anda dalam memerangi pelanggaran hak cipta atau pencurian konten.

Hak Cipta Secara Harfiah Berarti Hak Untuk Menyalin.

Secara umum, pendaftaran hak cipta adalah formalitas hukum dimaksudkan untuk membuat catatan publik dari fakta-fakta dasar dari hak cipta tertentu. Namun, registrasi tidak kondisi perlindungan hak cipta.

Meskipun registrasi tidak persyaratan untuk perlindungan, hukum hak cipta memberikan beberapa bujukan atau keuntungan untuk mendorong pemilik hak cipta untuk melakukan registrasi.

KEUNTUNGAN PENDAFTARAN HAK CIPTA!
  1. Pendaftaran hak cipta menetapkan catatan publik dari klaim hak cipta.
  2. Sebelum gugatan pelanggaran dapat diajukan di pengadilan, pendaftaran hak cipta diperlukan untuk karya asal AS.
  3. Jika dibuat sebelum atau dalam lima tahun publikasi, pendaftaran hak cipta akan membentuk prima facie bukti di pengadilan keabsahan hak cipta dan fakta-fakta yang dinyatakan dalam sertifikat.
  4. Jika pendaftaran hak cipta dibuat dalam waktu tiga bulan setelah publikasi pekerjaan atau sebelum pelanggaran pekerjaan, kerusakan hukum dan biaya pengacara akan tersedia untuk pemilik hak cipta dalam tindakan pengadilan.Jika tidak, hanya penghargaan dari kerusakan dan keuntungan yang sebenarnya tersedia untuk pemilik hak cipta.
  5. Pendaftaran hak cipta memungkinkan pemilik hak cipta untuk merekam pendaftaran dengan Pelayanan Bea Cukai AS untuk perlindungan terhadap impor melanggar eksemplar.
Waktu Pendaftaran Hak Cipta

Pendaftaran hak cipta dapat dilakukan setiap saat dalam kehidupan hak cipta. Untuk mendaftarkan hak cipta di Amerika Serikat melalui pendaftaran kertas Anda harus mengirim tiga hal dalam amplop yang sama atau paket. 
  1. Dimana Untuk Dapatkan Sebuah Formulir Aplikasi - Kertas atau Electronic
COPYRIGHT PENDAFTARAN

Ada 3 hal yang harus kamu lakukan saat melakukan pendaftaran hak cipta: 
  1. Untuk aplikasi benar selesai menggunakan bentuk kertas. Umumnya, untuk mendaftarkan karya-karya sastra dan program komputer, menggunakan Form TX ; untuk seni pertunjukan, menggunakan Form PA ; untuk single masalah serial / majalah, menggunakan Formulir SE; untuk sekelompok masalah serial / majalah, menggunakan Formulir SE / Grup; untuk sekelompok surat kabar harian atau newsletter, menggunakan Form SE ; untuk rekaman suara, penggunaan Formulir SR ; untuk seni visual, menggunakan Form VA.
  2. Biaya pengajuan dikembalikan dari untuk setiap aplikasi. Seperti tahun 2011 biayanya adalah tiga puluh lima dolar, dan sampai tergantung pada bagaimana Anda mengajukan.
  3. Deposit nonreturnable dari pekerjaan yang terdaftar. Persyaratan deposito akan bervariasi dalam situasi tertentu. Deposit biasanya satu salinan (jika tidak dipublikasikan) atau dua salinan (jika diterbitkan) dari pekerjaan yang akan terdaftar untuk hak cipta. 
Aplikasi dan biaya diterima tanpa salinan yang tepat, rekaman telepon, atau bahan mengidentifikasi tidak akan diproses oleh Kantor Hak Cipta dan tidak dikembalikan. Selalu menyerahkan edisi terbaik dari pekerjaan Anda diterbitkan sebagai deposit Anda. Carilah "persyaratan deposit" yang berlaku untuk pekerjaan Anda (yaitu lukisan, novel dll) dijelaskan secara rinci untuk setiap kategori pekerjaan yang terdaftar di bawah Hak Cipta Tata Cara Pendaftaran .

Daftar Online Hak Cipta

Anda dapat mengajukan pendaftaran hak cipta untuk pekerjaan Anda melalui sistem online Kantor Hak Cipta.
  1. Eco online system
  2. Dalam menyelesaikan formulir aplikasi untuk mendaftarkan klaim hak cipta, penting untuk memberikan informasi yang jelas dan akurat.
  3. Aplikasi kualitas sangat miskin tidak akan diterima. Dalam mengisi formulir aplikasi Anda, oleh karena itu, menggunakan mesin tik dengan pita baik atau mencetak semua informasi (kecuali tanda tangan Anda) jelas dengan pena tinta hitam. Jangan menggunakan pensil atau pena berwarna (biru, hijau, merah, dll).
  4. Jika aplikasi yang Anda gunakan adalah fotokopi atau cetakan komputer, pastikan bahwa itu adalah jelas, terbaca, dan pada kualitas yang baik dari 8 1/2-inch dengan 11-inch kertas putih.
  5. Setiap bentuk dua halaman harus dicetak kepala ke kepala dalam satu lembar kertas sehingga ketika Anda mengubah lembar atas, bagian atas halaman 2 adalah tepat di belakang bagian atas halaman 1.
  6. Jangan memperbesar atau memperkecil ukuran formulir.
  7. Jika Anda menggunakan fill-in-bentuk formulir online dapat dicetak dengan baik laser atau printer inkjet. Namun, salinan printer inkjet bentuk memerlukan memperbesar jika Anda menggunakan Shrink to Fit pilihan Page, jadi jangan menggunakannya.
  8. Untuk menghindari kerusakan deposit Anda yang disebabkan oleh langkah-langkah keamanan yang diperlukan, paket item berikut di kotak daripada amplop untuk surat ke Kantor Hak Cipta media elektronik seperti kaset audio, kaset video, CD, dan DVD, microform, foto, iklan licin, fotokopi warna , dan barang-barang cetak lain yang karet-dan sayuran berbasis.
  9. Selalu menyerahkan yang terbaik dari hasil karya kamu sebagai deposit Anda.

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon