Contoh Laporan Observasi Lapangan Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana kabarnya kawan-kawan sekalian, kali ini kita akan membahas tentang sebuah contoh laporan observasi yang menjadi tugas pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Oke langsung saja simak ulasannya berikut ini:


LAPORAN OBSERVASI LAPANGAN 

MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


I.                   IDENTITAS
Nama observator               : Irtina Padwa Putri                
Nama sekolah                    : SD N 01 Karang Jawa kec. Anak Ratu Aji
Kelas/Semester                  : VI/2
Mata pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Guru                       : Agus Irwan S.Pd
Waktu observasi                : 07.30-09.00

II.                DESKRIPSI OBSERVASI

NO
Deskripsi Data
Analisis
1
a. Guru membuka pertemuan dikelas dengan mengucapkan salam dan do’a.
b.     Guru melakukan absensi
c.  Guru memberikan apersepsi kepada siswa dengan memanfaatkan lingkungan sekitar kelas agar siswa tertuju pada apa yang akan disampaikan
d.        Guru mengulang pengetahuan anak tentang pembahasan dipertemuan sebelumnya, dan memberikan materi lebih lanjut untuk pembahasan hari itu.
       a. pembukaan
bada kegiatan awal guru menggunakan teori yang berpijak pada pandangan behaviorisme
Guru menggunakan lampu sebagai sumber belajar untuk memberikan stimulis kepada siswa agar siswa dapat mengingat materi sebelumnyadan memanfaatkan papan tulis dan spidol untuk menjelaskan bahasan pertemuan sebelumnya dan pertemuan saat itu.

c. Peranan sumber belajar dalam belajar klasikal.


d. Pola intruksional dengan sumber belajar berupa orang dibantu sumber lain
2
a.       Kemudian guru membagi kelompok siswa menjadi beberapa kelompok.
b. Guru membagikan gambar teknis rangkaian listrik pararel
c. Kemudian anak mulai merakit semua bahan berdasarkan gambar.
d. Guru hanya mengawasi kegiatan yang dilakukan siswanya, apabila siswa mengalami kesulitan guru membantu.
e. Guru menulis pertanyaan dipapan tulis agar siswanya tidak hanya merakit saja tetapi agar ada hasilnya.
a. Inti

b. Pada kegiatan inti guru menggunakan pijakan humanisme

c. Sumber belajar yang digunakan berupa kit guru/kit murid, gambar rangkaian parare, papan tulis, spidol, buku panduan (sains sahabatku 6 ) 


d. Peranansumber belajar dalam belajar kelompok

e. Menggunakan pola sumber belajar berupa orang (guru) bekerja sama dengan sumber belajar lain .
3
a. Setelah semuanya selesai guru memberikan tindak lanjut berupa evaluasi.

b. Pertanyaan seputar hasil dari kegiatan yang dilakukan siswa

c. Kemudian hasilnya dikumpulkan keguru.


d. Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam.
a. Penutup

b. Dalam tahap ini guru menggukan teori belajar yang berpijak pada pandangan behaviorisme

c. Peranan sumber belajar dalam pembelajaran klasikal

d. Dengan menggunakan pola instruksional tradisional

III. Komentar

Pada kegiatan pembukaan, guru menstimulus siswa untuk mengingat materi yang lalu karna berkaitan dengan materi yang akan diberikan .

Pada kegiatan inti guru menggunakan pandangan humanisme, juga menggunakan peranan sumber belajar dalam belajar kelompok, dalam aplikasinya siswa berperan aktif dalam pembelajaran dan peran guru hanya sebagai fasilitator dan mengawasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik .

Dalam tahap evaluasi, guru menggunakan pijakan teori behavioreisme 

Pada tahap ini, guru mengevaluasi kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik dan memberikan pertanyaan dari hasil yang dikerjakan peserta didik.

IV. Kesimpulan
Dalam kegiatan pembelajaran tersebut menggunkan 2 teori belajar yaitu
1.      teori yang berpijak pada pandangan behaviorisme, dan
2.      teori belajar pada pandangan humanisme.

Menggunakan 2 peranan sumber belajar , yaitu :
1.      Peranan sumber belajar dalam pembelajaran klasikal,
2.      Peranan sumber belajar dalam belajar kelompok .
Kegiatan belajar tersebut juga menggunakan 3 pola pola instruksional,yaitu:
1.      pola instruksional tradisional , 
2.      pola instruksional dengan belajar klasikal , dan
3.      pola sumber belajar berupa orang  (guru) bekerja sama dengan sumber belajar lain .

Dalam pembelajaran mata pelajaran IPA yang dilakukan di sekolah dasar kelas VI guru secara umum menggunakan sistem belajar SCL atau student center learning, yang memusatkan kegiatan belajar pada peserta didik, ini terlihat guru yang hanya menjadi penunjang atau fasilitator dalam kegiatan belajar sedangkan peran siswa/i menajdi titik pusat pembelajaran, sehingga peranan sumber belajar sangat penting.

Sumber belajar diantaranya berupa kit guru / kit murid, gambar rangkaian parare, papan tulis, spidol, buku panduan (sains sahabatku 6) 

Peran siswa menjadi lebih aktip akan terlaksana, karena proses pembelajaran dilakukan oleh siswa/i secara langsung dan guru hanya mengawasi kegiatan.

Dan akhirnya guru memberikan evaluasi berupa pertanyaan seputar pembelajaran yang dilakukan peserta didik .

Artikel terkait:

Contoh Laporan Observasi Praktikum BK pribadi sosial

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon