Assalamualaikum Wr. Wb.
Bagaimana kabarnya kawan-kawan sekalian, kali ini kita akan membahas tentang sebuah contoh laporan observasi yang menjadi tugas pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Oke langsung saja simak ulasannya berikut ini:
MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
I. IDENTITAS
Nama observator : .........................
Nama sekolah : .........................
Kelas/Semester : .........................
Mata pelajaran : ........................
Nama Guru : .......................
Waktu observasi : ........................
II. DESKRIPSI OBSERVASI
III. Komentar
Pada kegiatan pembukaan, guru menstimulus siswa untuk mengingat materi yang lalu karna berkaitan dengan materi yang akan diberikan .
Pada kegiatan inti guru menggunakan pandangan humanisme, juga menggunakan peranan sumber belajar dalam belajar kelompok, dalam aplikasinya siswa berperan aktif dalam pembelajaran dan peran guru hanya sebagai fasilitator dan mengawasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik .
Dalam tahap evaluasi, guru menggunakan pijakan teori behavioreisme
Pada tahap ini, guru mengevaluasi kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik dan memberikan pertanyaan dari hasil yang dikerjakan peserta didik.
IV. Kesimpulan
Dalam kegiatan
pembelajaran tersebut menggunkan 2 teori belajar yaitu
1. teori
yang berpijak pada pandangan behaviorisme, dan
2. teori
belajar pada pandangan humanisme.
Menggunakan 2 peranan
sumber belajar , yaitu :
1. Peranan
sumber belajar dalam pembelajaran klasikal,
2. Peranan
sumber belajar dalam belajar kelompok .
Kegiatan belajar
tersebut juga menggunakan 3 pola pola instruksional,yaitu:
1. pola
instruksional tradisional ,
2. pola
instruksional dengan belajar klasikal , dan
3. pola
sumber belajar berupa orang (guru)
bekerja sama dengan sumber belajar lain .
Dalam pembelajaran mata pelajaran IPA yang dilakukan di sekolah dasar kelas X guru secara umum menggunakan sistem belajar SCL atau student center learning, yang memusatkan kegiatan belajar pada peserta didik, ini terlihat guru yang hanya menjadi penunjang atau fasilitator dalam kegiatan belajar sedangkan peran siswa/i menajdi titik pusat pembelajaran, sehingga peranan sumber belajar sangat penting.
Sumber belajar diantaranya berupa kit guru / kit murid, gambar rangkaian parare, papan tulis, spidol, buku panduan.
Peran siswa menjadi lebih aktip akan terlaksana, karena proses pembelajaran dilakukan oleh siswa/i secara langsung dan guru hanya mengawasi kegiatan.
Dan akhirnya guru memberikan evaluasi berupa pertanyaan seputar pembelajaran yang dilakukan peserta didik .
Artikel terkait:
Artikel terkait:
Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁
EmoticonEmoticon