7 Cara Jitu Agar Kamu Bisa Lolos Atau Diterima Menjadi Pegawai Negeri Sipil 2017

Tags

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2017 di Mahkamah Agung (MA) dab Kementerian Hukum dan ‎HAM sudah dibuka. Formasi kali ini memiliki porsi untuk 19.210 orang, yang terdiri dari 1.684 orang (Mahkamah Agung) dan 17.526 orang (Kementerian Hukum dan HAM).


7 Cara Jitu Agar Kamu Bisa Lolos Atau Diterima Menjadi Pegawai Negeri Sipil 2017
Sumber: indonesiaexpat.biz
Ada beberapa tes yang akan dilakukan atau seleksi kompetensi dasar (SKD) yang harus dilewati oleh pelamar. Seperti, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Agar lolos seleksi kompetensi dasar, peserta kudu (wajib) lolos / melewati ambang batas (passing grade) yang telah digariskan oleh Peraturan Menteri PANRB.

Penerimaan PNS ini bukanlah hal yan mudah sobat! Karena akan banyak orang yang berminat untuk mengikuti pekerjaan yang menjadi idaman banyak orang ini. Namun, bila kamu sudah punya persiapan yang matang bukan hal yang mustahil kamu bisa diterima untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Seperti yang dilansir dari laman recruiter.com, ada 7 cara jitu agar kamu bisa lolos atau diterima menjadi PNS.

1. Pastikan Persyaratan Kamu Sudah Lengkap Ketika Mendaftar

Agar keinginan kamu untuk menjadi PNS dapat terwujud, maka persiapan kudu matang gaes. Bukan hanya kemampuan diri guna mengikuti tes, berkas-berkas persyaratan dan administrasi juga wajib hukumnya diperhatikan lebih teliti lagi, agar lolos dalam seleksi administrasi.

2. Mempelajari Kisi-Kisi Tes CPNS

Sebelum tes dimulai, pihak kementerian biasanya memberikan kisi-kisi tentang seleksi serta materi apa saja yang akan keluar saat tes CPNS. Pastikan Kamu juga membaca kisi-kisi tersebut dengan baik dan cermat .

3. Berlatih Mengerjakan Soal CPNS

Kamu bisa pergi ke toko buku atau meminjam teman kalian tentang kumpulan soal-soal tes CPNS atau kamu juga bisa browsing di beberapa situs mengenai contoh soal yang sudah pernah diujikan dalam seleksi CPNS sebelumnya. Kamu dapat mengerjakan soal ini sembari berlatih meningkatkan kemampuan kamu.

4. Hitung Waktu Kamu Dalam Mengerjakan Soal

Pelamar juga harus mengikuti Tes Intelegensi Umum (TIU). Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga berguna menilai kemampuan numerik, yaitu kemampuan perhitungan angka, melakukan operasi,  dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Selain mencoba berlatih mengerjakan soal, Kamu juga wajib menghitung waktu yang dibutuhkan ketika mengerjakan soal-soal tersebut. Kenapa demikian? Hal ini bertujuan agar kamu dapat benar-benar memakai waktu tes dengan tepat.

5. Pelajari Seluk Beluk Posisi Diinginkan

Jangan lupa juga mempelajari seluk beluk posisi yang inginkan. Lakukan riset sebanyak-banyaknya untuk menghilangkan rasa gugup yang kemungkinan besar akan menghampiri diri Kamu. Hal ini sangat krusial, agar Kamu mempunyai senjata ampuh untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang mungkin timbul ketika sedang menjalani tes.

6. Persiapkan Tubuh Dan Mental Kamu Dalam Kondisi Terbaik

Saat sedang tes, kamu akan merasakan Jantung berdebar, pikiran tidak tenang, sikap khawatir. Walaupun lumrah, namun tetap saja hal ini dapat mengganggu Kamu dalam mengisi tes dengan baik.

Untuk menghindari hal seperti itu, tubuh dan mental Kamu harus benar-benar siap sebelum mengikuti tes. Olahraga dan tidur yang cukup dapat membuat Kamu semakin siap untuk menghadapi tes ini.

7. Jangan berbohong saat mengisi tes kepribadian

Dalam seleksi CPNS nanti, pelamar juga akan melewatii Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini bertujuan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.


Tes ini merupakan tes kepribadian, sehingga pastikan kamu sudah mengisi semua jawaban dengan benar-benar jujur. Buang jauh-jauhi niatan untuk mengisi dengan jawaban yang mengada-ada hanya agar kamu dapat diterima.

Demikian 7 cara paling ampug supaya kamu dapat diterima menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL 2017!

Selamat mencoba dan salam sukses!

Artikel Terkait

Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁


EmoticonEmoticon