Contoh Pedoman Observasi. Dalam melakukan penggalian terhadap keadaan siswa, guru bimbingan dan konseling tentunya harus melakukan pengamatan/observasi terhadap siswa. Oleh karenanya dibutuhkan lembar pedoman obeservasi. berikut kami sajikan 4 contoh pedoman obervasi.
Pedoman Observasi
1. Identitas siswa
a. Nama :b. Kelas/program :
c. No. induk/absen :
d. Jenis Kelamin :
e. Tempat/tgl lahir :
f. Hari/tanggal observasi :
g. Waktu :
2. Aspek Yang di Observasi
Kebiasaan belajar
seorang siswa di kelas pada situasi belajar mengajar di kelas
3. Petunjuk
Beri tanda cek (v)
pada jawaban yang sesuai dengan pernyataan atau gejala yang nampak pada
individu yang diobservasi.
No
|
Tingkah Laku Yang Diobservasi
Dalam Kelas
|
Tanda Cek
|
1
|
Berpindah-pindah tempat duduk
|
|
2
|
Sering berjalan-jalan dalam kelas
|
|
3
|
Tidak mau diam
|
|
4
|
Kurang memperhatikan pelajaran
|
|
5
|
Tidak mencatat pelajaran
|
|
6
|
Suka mengganggu temannya
|
|
7
|
Sukar menyatakan pendapat
|
|
8
|
Bahasa yang digunakan kurang baik
|
|
9
|
Tidak pernah dating kedepan untuk berbicara
|
|
10
|
Tidak mau mencatat pelajaran
|
Metro
…………………………
Observer
Irvan
hermawanto
Contoh Pedoman Observasi Daftar Cek
Pedoman Observasi Daftar Cek
1. Identitas siswa
a. Nama :
b. Kelas/program :
c. No. induk/absen :
d. Jenis Kelamin :
e. Tempat/tgl lahir :
f. Hari/tanggal observasi :
g. Waktu :
a. Nama :
b. Kelas/program :
c. No. induk/absen :
d. Jenis Kelamin :
e. Tempat/tgl lahir :
f. Hari/tanggal observasi :
g. Waktu :
2. Aspek Yang di Observasi
Kebiasaan belajar
seorang siswa di kelas pada situasi belajar mengajar di kelas
3. Petunjuk
Beri tanda cek (v)
pada jawaban yang sesuai dengan pernyataan atau gejala yang nampak pada
individu yang diobservasi
No
|
Aspek Tingkah Laku
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Sering menggangu teman
|
V
|
|
2
|
Sering mengantuk
|
V
|
|
3
|
Sering melamun
|
V
|
|
4
|
Dst
|
Catatan/komentar:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Metro
…………………………
Observer
Irvan
hermawanto
Contoh Pedoman Observasi Skala Penilaian Kuantitatif
Pedoman Observasi Skala Penilaian
Kuantitatif
1. Identitas siswa
a. Nama :
b. Kelas/program :
c. No. induk/absen :
d. JENIS Kelamin :
e. Tempat/tgl lahir :
f. Hari/tanggal observasi :
g. Waktu :
a. Nama :
b. Kelas/program :
c. No. induk/absen :
d. JENIS Kelamin :
e. Tempat/tgl lahir :
f. Hari/tanggal observasi :
g. Waktu :
2. Aspek Yang di Observasi
Kebiasaan belajar
seorang siswa di kelas pada situasi belajar mengajar di kelas
3. Petunjuk
Lingkarilah pada
jawaban yang sesuai dengan pernyataan atau gejala yang nampak pada individu
yang diobservasi
Kerjasama
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Kerajinan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Inisiatif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Kreatifitas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Disiplin
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Kesimpulan/komentar:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Metro
…………………………
Observer
Irvan
hermawanto
Contoh Pedoman Observasi Skala Penilaian Deskriptif
Pedoman Observasi Skala Penilaian
Deskriptif
1. Identitas siswa
a. Nama :b. Kelas/program :
c. No. induk/absen :
d. Jenis Kelamin :
e. Tempat/tgl lahir :
f. Hari/tanggal observasi :
g. Waktu :
2. Aspek Yang di Observasi
Kebiasaan belajar
seorang siswa di kelas pada situasi belajar mengajar di kelas
3. Petunjuk
Berikan tanda cek
(x) pada jawaban yang sesuai dengan pernyataan atau gejala yang nampak pada
individu yang diobservasi
No
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
1
|
Membaca
buku petunjuk siswa
|
||||
2
|
Memperlajari
lembar kerja kegatan dengan teliti
|
||||
3
|
Mengerjakan
lembar kerja dengan baik
|
||||
4
|
Membuat
catatan
|
||||
5
|
Bertanya
pada tutur (guru)
|
||||
6
|
Menjawab
dengan benar
|
Kesimpulan/komentar:
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Metro
…………………………
Observer
Irvan
hermawanto
Terimakasih Sudah Meluangkan Waktu Berkunjung Di Blog Ini 😁
EmoticonEmoticon